Cara Membersihkan Cutlery yang Benar

Cara Membersihkan Cutlery yang Benar

Editor AJAR.id

Cara Membersihkan Cutlery yang Benar

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah Kamu tahu peralatan-peralatan dan jenis-jenis cutlery di restoran, sekarang Kamu juga harus tahu nih cara membersihkannya dengan benar.

Kenapa membersihkan cutelry ini penting?

Jika kita sebagai tamu, tentunya kita tidak ingin kan kondisi cutlery yang tidak higienis, karena hal ini akan berdampak pada kesehatan. Oleh karena itu, sebagai hotelier jempolan, Kamu juga harus menjaga higienitas cutlery dengan cara membersihkannya.

Untuk membersihkan cutlery, Kamu bisa mengikuti prosedur di bawah ini:

  1. Pisahkan cutlery sesuai jenisnya
    Kamu bisa mengelompokkan menjadi tiga kelompok besar: sendok, garpu, dan pisau.
  2. Celupkan cutlery ke dalam ember
    Kamu ambil segenggam cutlery yang sudah dikelompokkan. Kamu pegang pada bagian handle bukan kepala, lalu celupkan ke dalam ember yang sudah diisi air hangat dan lemon.
  3. Lap cutlery
    Selanjutnya, Kamu angkat dan lap cutlery tersebut dengan kain microfiber pada seluruh permukaan cutlery. Kamu harus memastikan tidak ada bagian yang masih licin.
  4. Letakkan cutlery dengan posisi kepala di atas
    Kamu bisa meletakkan langsung di meja atau pada waiter station. Kalau Kamu menaruhnya langsung di meja, pastikan ditaruh berdampingan dengan piring yang masih tertutup. Karena kalau tidak, cutlery akan dianggap sudah terpakai.
  5. Pastikan untuk selalu memegang bagian handle
    Kamu tidak dianjurkan untuk memegang bagian kepala atau atas cutlery. Hal ini untuk menjaga higienitas dan demi kenyamanan tamu yang akan menggunakannya.

Sahabat Ajarian, dengan cara membersihkan cutlery dengan benar, berarti Kamu menjaga profesionalitasmu dan reputasi hotelmu, karena jika ada tamu yang sakit karena higienitas cutlery, hal ini akan menghancurkan kredibilitasmu dalam bekerja dan reputasi hotelmu menjadi buruk.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News