Cara Mudah Menghitung Average Room Rate (ARR) Hotel, Cukup Pakai Kalkulator HP

Cara Mudah Menghitung Average Room Rate (ARR) Hotel, Cukup Pakai Kalkulator HP

AJAR Hospitality

Cara Mudah Menghitung Average Room Rate (ARR) Hotel, Cukup Pakai Kalkulator HP

AJAR.id – Hallo Ajarian! Setelah Kamu mengetahui bagaimana cara menghitung occupancy hotel, maka dalam artikel ini kita akan belajar cara menghitung ARR (Average Room Rate) yang digunakan sebagai salah satu indikator dalam menjalankan bisnis di bidang perhotelan. Selain itu, ARR ini juga merupakan salah satu komponen dalam pembuatan Forecast Hotel.

Lalu apa definisi ARR, bagaimana cara menghitungnya, dan apa manfaatnya?

DefinisiAverage Room Rate (ARR)

ARR adalah indikator yang digunakan untuk mengetahui rata-rata harga kamar yang terjual pada kurun waktu tertentu yang dihitung berdasarkan jumlah kamar yang dihuni oleh tamu.

Hasil akhir dari penghitungan ARR adalah nilai nominal mata uang, di mana semakin besar nilainya, maka semakin bagus. Sebaliknya, semakin kecil berarti kurang baik.

Cara Menghitung Average Room Rate (ARR)

Cara menghitung ARR adalah dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Contoh penerapannya adalah sebagai berikut:

  • Nama Hotel : Ajar Hotel
  • Jumlah Kamar : 100
  • Kelas Bintang: Hotel Berbintang 4
  • Tanggal Bisnis : 7 Juli 2017
  • Jumlah Pendapatan Kamar (Total Room Revenue): IDR 50.000.000
  • Jumlah Kamar yang Dihuni (Total Room Occupied): 70 Kamar
  • Average Room Rate = IDR 50.000.000 / 70 Kamar = IDR 714.286 per kamar yang terhuni 

Jadi, dalam ilustrasi di atas, rata-rata harga kamar yang terjual berada pada harga IDR 714.286per kamar yang terhuni pada tanggal 7 Juli 2017.

Manfaat ARR

Manfaat yang bisa kita petik dalam mengetahui jumlah ARR adalah sebagai berikut:

  • Memahami besaran rata-rata harga kamar yang terjual sesuai dengan segmentasi pasar yang dibidik, lalu dibandingkan dengan rata-rata nilai penjualan per kamar yang terhuni dengan kompetitor
  • Memproyeksikan nilai pendapatan yang akan diraih dalam kurun waktu tertentu
  • Mengimbangkan values antara harga dan produk yang dijual hotel.

Jadi, dengan mengetahui ARR di hotel, maka kita akan menjadi lebih hati-hati dalam menerapkan harga yang akan dijual yaitu dengan mengimbangkan nilai-nilai yang kita tawarkan dengan harga yang sesuai. Sehingga, tidak asal obral harga karena bisa merusak nilai yang diberikan yang pada akhirnya berimbas kepada persaingan yang tidak sehat.

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Recommended Posts

AJAR in The News