Pentingnya Budaya Bertanya sebagai Pintu Pembuka Wawasan Kerja di Hotel

Pentingnya Budaya Bertanya sebagai Pintu Pembuka Wawasan Kerja di Hotel

Editor AJAR.id

Pentingnya Budaya Bertanya sebagai Pintu Pembuka Wawasan Kerja di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Seperti yang telah kita ketahui bahwa dunia perhotelan dan pariwisata adalah industri yang sangat sarat akan wawasan dan kental dengan keterampilan khusus. Oleh karena itu, tidak heran bila budaya belajar bagi para karyawannya menjadi sangat penting yang bertujuan untuk membuka pintu wawasan dan keterampilan mereka yang sangat berguna ketika mereka bekerja dan melayani para tamunya.

Belajar di perhotelan dan pariwisata dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Salah satunya di AJAR.id. Biasanya, hotel juga merencanakan jadwal-jadwal pelatihan secara rutin yang dikelola oleh bagian human resources dan dilakukan baik oleh HRD, atasan di tiap-tiap departemen atau pelatihan dari pihak luar (konsultan).

Pelatihan dapat dilakukan secara terjadwal mau pun tidak terjadwal. Nah, dalam artikel ini saya akan mengupas mengenai pelatihan yang tidak terjadwal yang terjadi secara spontan yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Pelatihan ini saya sebut sebagai "Micro Learning" atau pelatihan skala kecil yang tujuannya adalah untuk menanamkan "budaya belajar" dengan cara "bertanyauntuk membuka pintu wawasan dan keterampilan.

Ketika karyawan bertanya, itu berarti ia ingin mengetahui sesuatu (belajar). Oleh karena itu, sebagai atasan hendaknya Kamu pun bersedia untuk menjawab sesuai dengan yang Kamu ketahui. Berikut adalah manfaat dari budaya bertanya bagi kedua belah pihak (karyawan dan atasan).

Keuntungan bertanya bagi karyawan:

  • Dengan menyiapkan setidaknya "1 buah pertanyaan" setiap hari, maka Kamu akan mengetahui "1 buah wawasan baru" setiap harinya. Coba bayangkan bila dikalikan sebulan atau setahun. Berapa banyak wawasan yang akan Kamu ketahui untuk mendukung pekerjaanmu? Janganlah kita berasumsi, bila kita kurang memahami prosedur kerja atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan kita di hotel, sebaiknya kita bertanya, sehingga kita terhindar dari kesalahan fatal akibat asumsi yang kita buat sendiri.
  • Bertanya dapat mempengaruhi dan membentuk pola pikir. Tanpa bertanya, maka yang ada dalam pikiran kita adalah sebuah persepsi atau asumsi. Sebuah pola pikir positif akan terbangun ketika kita memahami situasi yang sedang dihadapi. Jadi, ketika Kamu menghadapi sebuah informasi yang masih belum Kamu pahami, maka sebaiknya bertanya agar pola pikir positif tetap terjaga.
  • Bertanya dapat membuatmu melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, karena Kamu memahami alasan positif dibalik apa yang Kamu kerjakan.

Untuk senantiasa melatih dirimu, upayakan untuk menanyakan "Apa, kenapa, dan bagaimana". Pertanyaan "Apa dan Kenapa" bertujuan untuk menambah wawasanmu, sedangkan "Bagaimana" akan bertujuan untuk menambah level keterampilanmu. Rencanakan dan susun pertanyaanmu, lalu tanyakan kepada atasanmu pada saat yang tepat. Hindari untuk menanyakan pertanyaan yang sudah pernah Kamu tanyakan sebelumnya. Catat poin-poin penting dari jawaban yang Kamu peroleh dan lakukan sesuai jawaban yang diberikan oleh atasan.

Manfaat bertanya untuk atasan:

  • Kita menjadi lebih mengerti "level wawasan atau keterampilan" dari karyawan kita dan dapat dijadikan sebagai bahan perencanaan pelatihan atau coaching.
  • Sebagai sarana untuk menyosialisasikan sebuah informasi atau standar yang Kamu kembangkan secara informal.
  • Dengan menjawab setiap pertanyaan yang muncul, maka Kamu telah membangun hubungan positif dengan karyawan.

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul hendaknya menjadi sebuah intropeksi untukmu sebagai atasan. Bisa jadi Kamu akan menemukan pertanyaan-pertanyaan yang jauh dari ekspektasimu atas level wawasan atau keterampilan yang dimiliki sang karyawan. Hindari untuk mencemooh pertanyaan yang muncul dan jawab sesuai dengan yang Kamu ketahui. Perlu diketahui bahwa ketika Kamu sudah memutuskan untuk merekrut karyawan tersebut, berarti Kamu sudah siap atas semua hal, termasuk mendapatkan pertanyaan-pertanyaan di bawah standar dan bersedia untuk mengembangkannya ke level yang Kamu kehendaki.

Sudahkah Kamu bertanya dan menjawab pertanyaan hari ini? mari kita budayakan bertanya untuk memupuk budaya belajar di hotel.

Baca juga: Pentingnya Budaya Baca untuk Membuka Wawasan dan Mencerdaskan Diri

Salam Jempol!

By Ikin Solikn

Recommended Posts

AJAR in The News