Pentingnya Digital Distribution Channel untuk Meningkatkan Pendapatan Hotel

Pentingnya Digital Distribution Channel untuk Meningkatkan Pendapatan Hotel

Editor Ajar

Pentingnya Digital Distribution Channel untuk Meningkatkan Pendapatan Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Pernahkah Kamu membeli Aqua? Bagi yang di luar Pulau Jawa, Tahukah Kamu di kota manakah pabrik Aqua berada? Kenapa produknya sangat mudah Kamu temukan untuk membelinya?

Nah, itulah kekuatan dari sebuah distribusi yang sangat membantu produsen air mineral tersebut dalam menjual produknya kepada customer.

Jika kita belajar dari Aqua, maka jalur distribusi dipecah menjadi dua struktur (direct distribution dan indirect distribution). Direct distribution adalah proses distribusi yang langsung dioperasikan oleh PT Tirta Utama Abadi yang merupakan anak perusahaan PT Tirta Investama (Aqua) yang khusus mengelola distribusi penjualan. Sedangkan indirect distribution adalah jalur distribusi yang melibatkan perantara atau Pihak Ketiga.

Dalam sistem strategi distribusinya, Aqua lebih memilih untuk mengutamakan direct distribution. Walaupun Aqua menyadari bahwa ongkosnya jauh lebih mahal di awal, namun hal ini menjamin keberlangsungan bisnis untuk masa yang akan datang.

Sebagai perusahaan, Aqua juga pernah mengalami masalah dalam hal distribusi yang terjadi pada era tahun 1980. Kemasan Aqua yang khusus dipasarkan untuk segmen ekspatriat harus dikembalikan ke pabrik yang berada di Bekasi untuk diisi ulang. Tentunya...

Yuk daftar GRATIS sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in

Recommended Posts

AJAR in The News