Pentingnya Personal Branding bagi Hotelier

Pentingnya Personal Branding bagi Hotelier

Editor AJAR.id

Pentingnya Personal Branding bagi Hotelier

AJAR.id – Hello Ajarian! Personal branding adalah sebuah cara memasarkan diri atau proses pembentukan image kita secara individu di mata orang lain.

Lantas apa pentingnya membangun personal branding bagi hotelier?

Seperti kita ketahui Industri perhotelan adalah salah satu industri yang mengedepankan pelayanan dan keramah-tamahan. Setiap hari, setiap saat karyawan perhotelan akan langsung face to face dengan tamu.

Di sinilah tamu bisa membedakan karyawan yang sudah memiliki personal branding dengan karyawan biasa. Karyawan yang sudah memiliki personal branding akan kelihatan menonjol dibandingkan dengan karyawan yang belum memiliki personal branding.

Manfaat personal branding yang bisa didapatkan karyawan:

  1. Personal branding membantumu untuk membangun visimu, baik di bidang pekerjaan, tujuan pribadi, nilai-nilai, maupun target-targetmu sehingga Kamu dapat bergerak ke arah yang lebih baik untuk pemenuhan kariermu.
  2. Personal branding berfungsi untuk alat rem bagimu. Sebagai sarana introspeksi dan reflektif, dan untuk memeriksa serta menghilangkan segala kelemahan yang mungkin menghambat pencapaianmu.
  3. Personal branding juga memiliki manfaat memberikan keuntungan prestise bagimu. Karena secara tidak langsung, Kamu mempunyai suatu hal yang dapat Kamu gunakan sebagai senjata untuk berkompetisi di lingkungan kerjamu.
  4. Personal branding akan secara tidak langsung menjadikanmu memiliki jiwa pemimpin. Mengapa demikian? Sebab, personal branding tersebut memiliki tiga hal yang akan memberikan manfaat untukmu, di antaranya:
  • Adanya kejelasan: Akan ada kejelasan tentang siapa Kamu, siapa pesaingmu, dan apa targetmu.
  • Konsistensi: Secara konsisten nantinya personal branding akan dirancang untukmu agar semakin terlihat targetmu apa nantinya.
  • Memberikan nilai lebih dalam aktivitasmu nantinya: Dengan adanya personal branding, Kamu akan menjadi proaktif. 

Lalu bagaimana caranya membangun dan membentuk personal branding bagi karyawan?

  1. Mengenal dan mengetahui dirimu sendiri seperti apa
    Hal ini sangat penting karena sebagai dasar pembentukan personal branding diri Kamu sendiri
  2. Membentuk personal branding karyawan sesuai dengan jati dirinya sendiri
    Di dalam membentuk personal branding karyawan dibutuhkan peran dari pihak manajemen hotel tersebut. Peran penting pihak manajemen hotel di dalam membantu karyawan untuk membentuk personal branding. 
    Caranya dengan mengikutkan karyawan dalam berbagai bentuk pelatihan keterampilan dan memberikan kesempatan karyawan untuk berkembang. Sehingga, karyawan dapat memunculkan rasa percaya diri terhadap kemampuan dirinya sendiri. Mengubah image seorang karyawan sangat sulit, dibutuhkan kesabaran dan keseriusan baik itu dari pihak manajemen hotel maupun dari diri pribadi karyawan tersebut.
  3. Mulai membangun relasi
    Semakin banyak orang yang mengenalimu maka semakin kuat juga personal branding yang Kamu ciptakan. Kamu juga harus sering berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarmu meskipun mereka adalah orang yang baru Kamu kenal, orang-orang penting atau siapa pun juga supaya dapat memperluas jaringanmu. Nah di sinilah bedanya Kamu dengan rekan kerjamu. Walaupun sama cara dan standar melayani tamu, tetapi Kamu akan mendapatkan nilai tambah lagi di mata tamu, sehingga Kamu akan dikenal oleh tamu.
  4. Terus menerus memperbaiki diri
    Sesuatu hal jika tidak di jaga maka akan cepat punah. Begitu pula dengan personal branding, jika Kamu tidak ingin personal branding-mu cepat punah maka Kamu harus mampu memelihara atau menjaga apa yang sudah Kamu bangun supaya orang-orang di sekitarmu akan selalu percaya kepada dirimu dan hotel tempat kerjamu.
    Jangan sampai Kamu dicap sebagai karyawan yang suka cari muka dan cari pujian oleh karyawan lainnya karena hilangnya personal brand-mu. Cara mudah untuk memperbaiki diri sendiri adalah dengan menerima kritikan dan masukan dari orang lain.

Hotel yang memiliki karyawan dengan personal branding akan memiliki kualitas di dalam melayani tamu sehingga visi dan misi hotel berupa service excellent pun bisa terlaksana. Selain itu, occupancy kamar pun akan meningkat seiring dengan meningkatnya pelayanan yang diberikan. Dampaknya adalah kesejahteraan karyawan pun akan semakin meningkat, begitu juga dengan target omset hotel pun juga akan tercapai.

Baca juga: Pentingnya Budaya Bertanya sebagai Pintu Pembuka Wawasan Kerja di Hotel

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Recommended Posts

AJAR in The News