10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Chemical

10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Chemical

Editor AJAR.id

10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Chemical

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam proses membersihkan area hotel, bukan hanya cleaning equipment saja yang Kamu butuhkan, tetapi juga cleaning chemicalChemical berfungsi sebagai agen pembersih yang mengangkat noda dan kotoran pada permukaan yang hendak dibersihkan.

Bila chemical digunakan dengan benar, tentu akan mempermudah pekerjaanmu. Namun jika tidak, chemical berisiko membahayakan keselamatan diri dan berpotensi merusak permukaan yang Kamu bersihkan.

Oleh karena itu, penting bagi Kamu untuk mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan chemical. Simak penjelasan AJAR.id berikut yuk!

  1. Selalu gunakan alat dan pakaian pelindung yang dibutuhkan, contohnya adalah goggle, glove, dan masker.
  2. Dilarang mencampur chemical yang berbeda jenis. Tiap chemical mengandung bahan aktif yang bisa menimbulkan bahaya bila saling dicampur.
  3. Segera bersihkan chemical yang tumpah, sekecil apapun tumpahannya. Kamu juga harus memahami bagaimana cara menangani tumpahan chemical yang benar.
  4. Chemical sebaiknya ditaruh dalam botol khusus yang diberi label. Jangan gunakan botol untuk minum ya!
  5. Selalu baca instruksi penggunaan tiap chemicals beserta cara penanggulangan jika ada kecelakaan kerja, contohnya saat chemical terkena mata.
  6. Jangan taruh toilet bowl cleaner di dalam botol spray karena dikhawatirkan tidak sengaja tersemprot, lebih baik gunakan botol dengan tutup flip agar lebih aman.
  7. Selalu pastikan spray pada botol chemical berfungsi dengan baik.
  8. Bila ingin mencampurkan chemical dengan air, tuangkan chemical ke dalam air, bukan air yang dituangkan ke dalam chemical. Hal ini lebih aman karena menghindari cipratan chemical.
  9. Dilarang merokok saat sedang menggunakan atau berada di dekat chemical.
  10. Dilarang menginjak dan menduduki drum berisi

Sahabat Ajarian, itulah beberapa hal yang patut Kamu perhatikan saat menggunakan chemical dan pahami juga bagaimana cara penanggulangan kecelakaan atau situasi darurat yang berkaitan dengan chemical. Sebagai contoh, ketahui letak alat pemadam api jika terjadi kebakaran. Selama Kamu mengikuti prosedur yang benar untuk menggunakan chemical, semestinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Baca juga: 9 Cleaning Equipment untuk Pembersihan secara Umum

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News