10 Tahapan dalam Proses Stripping Polish pada Lantai

10 Tahapan dalam Proses Stripping Polish pada Lantai

Editor AJAR.id

10 Tahapan dalam Proses Stripping Polish pada Lantai

AJAR.id – Seiring berjalannya waktu, permukaan lantai di hotel akan terlihat kusam dan tidak mengkilap seperti pertama kalinya. Hal ini disebabkan karena lapisan polisher pada permukaan lantai telah menipis. Untuk mengatasinya, Kamu bisa melakukan re-polish setiap dua sampai empat kali dalam setahun.

Sebelum proses re-polish, perlu dilakukan stripping polish, yaitu tindakan untuk membersihkan lapisan polisher yang lama agar lantai siap diberi polisher yang baru. Proses stripping bisa dilakukan manual, menggunakan mesin, maupun kombinasi keduanya. Tipe mesin stripper yang digunakan akan bergantung dari jenis lantai dan tipe polisher yang dipakai sebelumnya.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan apa saja tahapan dalam proses stripping polish dengan benar. Simak selengkapnya yuk!

  1. Pertama-tama, Kamu harus memasang yellow sign di area yang hendak dibersihkan. Tujuannya agar tidak ada orang yang melintasi area tersebut sampai proses stripping
  2. Sapu permukaan lantai untuk membersihkan dari kotoran dan sampah. Bila perlu, geser atau pindahkan furnitur dan benda-benda lain di area tersebut.
  3. Kenakan pakaian pelindung (protective clothing) meliputi sepatu bot karet (rubber boot), sarung tangan karet, serta goggle. Pakaian ini penting Kamu pakai karena cairan floor stripper bersifat sangat keras dan korosif.
  4. Siapkan mop dan bucket. Pastikan mop dan bucket yang Kamu gunakan hanya khusus untuk proses stripping
  5. Tuangkan cairan floor stripper ke dalam bucket. Kamu bisa membaca instruksi pada kemasan floor stripper untuk petunjuk lebih lanjut.
  6. Dengan menggunakan mop, oleskan floor stripper pada permukaan lantai secara merata. Hati-hati saat membersihkan bagian pinggir lantai yang bersinggungan dengan dinding, berikan jarak setidaknya 5 cm agar chemical tidak merusak lapisan cat dinding.
  7. Diamkan permukaan lantai setidaknya selama sepuluh menit untuk membiarkan chemical
  8. Selanjutnya, gosok lantai menggunakan stripping pad. Kamu bisa memakai stripping pad yang memiliki gagang panjang atau yang terpasang pada mesin. Stripping pad manual lebih cocok untuk membersihkan bagian ujung lantai yang sulit dijangkau mesin.
  9. Tahap berikutnya adalah membilas chemical, bisa menggunakan wet vacuum cleaner atau dengan mop. Jangan biarkan lantai mengering sebelum Kamu membilasnya ya! Proses membilas hanya boleh menggunakan air bersih dan peralatan yang bersih. Kamu bisa mengulangi proses ini beberapa kali sampai chemical sudah terangkat sepenuhnya dari lantai.
  10. Berhati-hatilah saat proses membilas, jangan sampai chemical terciprat ke dinding atau pintu ya!

Setelah lantai sudah kering, berarti lantai sudah siap untuk proses re-polish. Pelajari yuk bagaimana langkah-langkah untuk re-polish di artikel selanjutnya:Cara Mengoperasikan Mesin Scrubbing Lantai

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News