11 Kecakapan Personal yang Harus Kamu Miliki dalam Hospitality Industry

11 Kecakapan Personal yang Harus Kamu Miliki dalam Hospitality Industry

Editor AJAR.id

11 Kecakapan Personal yang Harus Kamu Miliki dalam Hospitality Industry

AJAR.id – Halo Ajarian! Bekerja dalam bidang apa pun, khususnya dalam Hospitality Industry, tentu menuntutmu untuk memiliki berbagai kecakapan tertentu, atau malah menjadi persayaratan sebelum Kamu diterima.

Selain dari pihak perusahaan, tentu kecakapan-kecakapan di bawah ini menjadi ekspektasi dari para tamu atau klien perusahaanmu. Berikut daftar beberapa kecakapan yang sebaiknya Kamu miliki dan kamu kembangkan terus-menerus:

  1. Kemampuan berkomunikasi yang baik – komunikasi merupakan sarana utama dalam menyampaikan maksud antara Kamu dan klien atau pimpinanmu. Kemampuan komunikasi yang baik tidak hanya dibuktikan melalui lisan, tapi juga melalui kemampuan tertulis. Jadi selalu tingkatkan kemampuan berkomunikasimu.
  1. Penampilan rapi dan menarik – Hospitality Industry erat kaitannya dengan caramu berpenampilan. Di area kerjamu, Kamu sebaiknya senantiasa menjaga penampilanmu agar tetap menarik dan profesional, baik di mata perusahaan tempatmu bekerja atau pun tamu. Penampilanmu pun akan menjadi salah satu indikator penilaian kinerjamu, lho.
  1. Prioritas utama pada klien – perlu diperhatikan bahwa tidak ada satu pun bentuk usaha yang akan berkembang atau maju tanpa mengedepankan perhatian pada apa yang sebenarnya dibutuhkan, diinginkan, dan disenangi oleh klien. Begitu pula dengan yang terjadi dalam Hospitality Industry, perhatianmu harus selalu terfokus pada klien.
  1. Kemampuan untuk bekerja dalam tim – tidak menutup kemungkinan bahwa dalam suatu situasi tertentu Kamu harus dapat bekerja sama dalam suatu tim. Dalam hal ini, kemampuan pribadimu harus dapat bersinergi dengan kinerja timmu. Atau dengan kata lain, kesinambungan dengan mitra kerjamu harus terus selalu Kamu tingkatkan supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat menghambat kinerjamu.
  1. Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan – ketika banyak pelanggan yang membutuhkan layanan, ketika sesuatu yang tidak diharapkan terjadi, ketika terjadi keributan atau perselisihan dalam area kerja, Kamu harus selalu mampu untuk mengendalikan dirimu.
  1. Kemampuan Teknis yang Memadai – Hal ini tentu akan semakin berkembang dengan adanya pelatihan rutin serta pendampingan dari para pakar tertentu. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa Kamu sendiri pun harus tetap mengupayakannya.
  1. Kejujuran dan Dedikasi – dua aspek fundamental ini harus tertanam dalam kepribadianmu, entah di mana pun Kamu berada.
  1. Sikap Positif – sama halnya dengan Kejujuran dan Dedikasi, Sikap Positif mencerminkan tingkat profesionalitasmu dalam dunia kerja, khususnya dalam Hospitality Industry.
  1. Inisiatif – peka terhadap situasi yang terjadi dan menanggapinya dengan cermat tanpa perlu menunggu instruksi merupakan dasar dari sikap proaktif yang harus Kamu miliki dan terus kembangkan.
  1. Gesit dalam bekerja – tidak semua pelanggan akan dengan sabar menanti pekerjaan kita, dan hampir semua perusahaan pun menerapkan sistem tenggat waktu penyelesaian pekerjaan yang telah ditentukan sebelumnya. Jadi sebaiknya, Kamu selalu mengupayakan untuk bekerja secara gesit dan cermat.
  1. Dapat diandalkan – Kamu sebaiknya menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawabmu dengan semestinya (sesuai waktu dan hasil yang baik).

Itulah daftar kecakapan yang sebaiknya Kamu miliki dan kembangkan pada saat bekerja di salah satu Hospitality Industry. Semoga bermanfaat dan terus berlatih.

Baca juga: Mempelajari dan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Kerja Industri Perhotelan

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News