12 Hal tentang Informasi K3 yang Harus Disampaikan Pemimpin di Industri

12 Hal tentang Informasi K3 yang Harus Disampaikan Pemimpin di Industri

Editor AJAR.id

12 Hal tentang Informasi K3 yang Harus Disampaikan Pemimpin di Industri

AJAR.id – Hello Ajarian! Menjadi seorang pemimpin atau bahkan pemilik suatu perusahaan bukan berarti orang tersebut dapat bertindak semaunya. Alih-alih demikian, serangkaian tugas dan tanggung jawab yang mencakup seluruh karyawan menjadi bagian dari rutinitas yang dijalankannya.

Menyampaikan informasi kepada seluruh karyawan terkait keselamatan dan kesehatan kerja juga termasuk dalam salah satu tanggung jawab seorang pemimpin (atau pemilik) industri. Jika Kamu adalah sosok tersebut, lalu informasi apa saja yang akan Kamu sampaikan kepada karyawan baru terkait keselamatan dan kesehatan kerja?

Informasi terkait keselamatan dan kesehatan kerja erat kaitannya dengan prosedur pelaksanaan tanggung jawab (baik yang bersifat teknis maupun informatif). Maka dari itu, informasi yang akan Kamu sampaikan kepada setiap karyawan tentu akan bersifat spesifik, tergantung pada divisi dan area kerja para karyawanmu.

Meskipun jenis informasi yang akan Kamu sampaikan akan berbeda-beda (secara teknis khususnya), tapi tentu ada hal-hal yang bersifat prinsipiil yang tidak boleh luput dari perhatianmu pada saat menyampaikan informasi terkait keselamatan dan kesehatan kerja kepada setiap karyawan.

Berikut ini merupakan rangkuman dari hal-hal mendasar yang akan akan Kamu sajikan ketika Kamu berkewajiban untuk memberikan informasi seputar keselamatan dan kesehatan kerja kepada setiap karyawan (khususnya karyawan baru):

  1. Informasi detail mengenai kebijakan khusus yang dicanangkan oleh industri mengenai keselamatan dan kesehatan kerja – termasuk di dalamnya pengenalan tokoh-tokoh yang berperan sebagai penanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja.
  2. Seluruh kebijakan dan prosedur K3 yang berkaitan dengan posisi tanggung jawab karyawan baru tersebut – misalnya tentang tugas piket harian serta peraturannya.
  3. Informasi mengenai prosedur identifikasi masalah ketika terjadi permasalahan di area kerja – termasuk cara mendokumentasikannya dan contoh-contoh peristiwa yang pernah terjadi.
  4. Konsekuensi yang akan ditanggung oleh seorang karyawan ketika karyawan tersebut gagal dalam melaksanakan tanggung jawabnya berdasarkan prosedur yang berlaku – hal ini harus pula disertai sanksi-sanksi dan tindakan hukum yang diberlakukan.
  5. Penjelasan mengenai pengelolaan konsultatif keselamatan dan kesehatan kerja di dalam perusahaan – yang juga harus menjelaskan orang-orang yang terlibat di dalamnya.
  6. Pemberitauan terkait pelaporan dan pendokumentasian penilaian risiko – baik tata cara mendokumentasikan hingga pencatatan yang harus dilakukan seorang karyawan ketika hendak mengidentifikasikan suatu permasalahan.
  7. Penjelasan terperinci mengenai manajemen risiko yang diberlakukan di industri atau area kerja tertentu – terkait apa, bagaimana, dan mengapa perlu diberlakukan sistem manajemen risiko.
  8. Presentasi dan penjelasan seluruh aturan yang berlaku di area kerja – tentang apa dan bagaimana cara menjalankan suatu tanggung jawab yang diberikan kepadanya, yang dapat juga meliputi etika kerja (kode etik) yang berlaku.
  9. Penjelasan mengenai adanya pelatihan khusus mengenai keselamatan dan kesehatan kerja – pelatihan mana yang bersifat wajib dan yang bersifat sukarela.
  10. Pembaruan informasi terkait keselamatan dan kesehatan kerja – baik yang diberlakukan setiap bulan, tahun, atau dalam kurun waktu tertentu.
  11. Lokasi alat pemadam kebakaran, P3K dan fasilitas kesehatan di dalam area kerja – karyawan tahu harus ke mana bila terjadi kejadian buruk atau ketika membutuhkan pertolongan pertama.
  12. Penjelasan terkait ‘Penanggulangan Keadaan Darurat’ di area kerja – termasuk bagaimana cara mengakses informasi tersebut bila tidak disampaikan secara mendetail.

Setidaknya 12 hal di atas harus masuk ke dalam pertimbanganmu ketika Kamu berperan sebagai seorang pemimpin industri yang sedang akan menyampaikan informasi terkait keselamatan dan kesehatan kerja. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Antara Kamu dan K3

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News