2 Cara Mengukur Takaran Bahan Baku untuk Resep Makanan

2 Cara Mengukur Takaran Bahan Baku untuk Resep Makanan

Editor AJAR.id

2 Cara Mengukur Takaran Bahan Baku untuk Resep Makanan

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Agar Kamu bisa membuat masakan yang berkualitas, tentunya Kamu harus memulainya dengan bahan bakunya. Kali ini AJAR.id akan mengulas cara mengukur bahan baku untuk resep makanan agar Kamu bisa menghasilkan makanan yang berkualitas.

Menentukan takaran bahan baku untuk resep standar ada tiga cara:

  • ukuran berat,
  • ukuran volume,
  • ukuran lainnya (contonhnya menggunakan jumlah satuan bahan baku)

Umumnya, resep standar untuk membuat makanan atau minuman secara teori setara dengan 10 porsi makanan atau minuman yang dihasilkan. Hal ini bertujuan agar resep bisa dikalikan dengan mudah saat dibutuhkan porsi yang lebih banyak.

Contoh:

Dalam resep masakan A tertulis bahan yang dibutuhkan 1 kg telur. Jika ada penambahan porsi masakan yang dibutuhkan, maka jumlah porsi yang dibutuhkan dibagi 10 agar jumlah bahan yang dibutuhkan diketahui. Berikut penjelasannya jika kebutuhan porsi untuk suatu acara meeting di hotel adalah 40 porsi masakan A:

1 kg telur = untuk 10 porsi masakan A

untuk acara meeting 40 porsi yang dibutuhkan

40 : 10 = 4

Jadi untuk membuat 40 porsi masakan A dibutuhkan 4 kg telur.

Dalam daftar resep, kualitas bahan baku yang diinginkan harus disebutkan termasuk dengan nama merek atau sebutan yang lazim di pasaran.

Lalu bagaimana cara menghitungnya?

Berikut adalah ilustrasi cara menghitung takaran bahan baku untuk resep makanan:

Takaran berat:

Cara mengukur yang paling akurat adalah dengan menimbangnya. Bahan baku yang harganya dihitung sesuai berat misalnya adalah telur dan buah-buahan. Telur berukuran kecil umumnya memiliki berat 50gr dan telur besar 70gr. Bila sebuah resep kue membutuhkan 1kg telur untuk adonannya, maka berapa butir telur yang Kamu butuhkan?

Cangkang telur memiliki berat setidaknya 12% dari total berat telur, berarti ada 23 butir telur seberat 50gr yang harus Kamu siapkan.

Takaran volume:

Menggunakan takaran volume memang tidak seakurat saat Kamu menggunakan timbangan, karena hanya mengandalkan volume alat ukur saja seperti sendok makan, sendok teh, atau cangkir. Berikut tabelnya:

Mengapa bahan baku penting untuk ditakar dulu sebelum membuat masakan?

Jika perhitungan takaran ini tidak tepat, tentu akan memiliki dampak pada kualitas rasa makanan atau minuman yang dihasilkan. Oleh karena itu, Kamu harus menghitung dengan cermat bahan baku yang akan digunakan untuk membuat masakan agar menghasilkan kualitas masakan yang jempolan.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News