2 Jenis Informasi Penting yang Perlu Kamu Kuasai

2 Jenis Informasi Penting yang Perlu Kamu Kuasai

Editor AJAR.id

2 Jenis Informasi Penting yang Perlu Kamu Kuasai

AJAR.id – Halo, Ajarian! Sebagai seorang pegawai Hospitality Industry, Kamu tentu harus memahami beragam informasi yang diperlukan. Selain informasi mengenai tugas dan tanggung jawabmu selaku seorang staf di divisi tertentu, berikut merupakan dua jenis informasi yang harus kamu kuasai ketika kamu menghadapi klien atau tamu.

1. Informasi Produk dan Layanan

Informasi produk dan layanan merupakan informasi yang relevan dengan produk-produk atau layanan yang disediakan oleh pihak perusahaan, baik secara langsung atau pun melalui pihak ketiga. Pemahaman mengenai informasi ini akan sangat membantumu dalam memberikan penjelasan atau menjawab pertanyaan klien terkait produk dan layanan yang tersedia.

Tak hanya itu saja, pemahaman mendalam mengenai produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaanmu akan meningkatkan nilai jual serta kinerjamu. Di sisi lain, Kamu pun akan paham apa yang harus dilakukan ketika mendapatkan tugas yang berkaitan dengan produk atau layanan tersebut.

Sebagai contoh, beberapa hal berikut dapat memberikan poin mengenai informasi produk atau layanan apa saja yang sebaiknya dipahami oleh seorang staf Food & Beverage di salah satu Hospitality Industry:

  • Informasi mengenai ukuran, warna, aroma, dan rasa
  • Keterangan detail mengenai pembuat, tempat pembuatan, dan waktu pembuatan
  • Mengetahui apakah makanan tersebut masih segar atau beku
  • Informasi ketersediaan atau usia produk kepada pelanggan sehingga mereka dapat mengestimasi pesanan
  • Informasi harga jual atau sewa suatu produk dan layanan
  • Informasi mengenai promo khusus berserta persyaratannya.

2. Pengetahuan Spesifik Perusahaan

Selain informasi produk-produk tertentu di atas, tentu Kamu pun harus memahami prosedur dan kebijakan yang berlaku di tempatmu bekerja. Pengetahuan Spesifik Perusahaan merupakan bagian dari ‘Informasi Produk’ yang lebih luas.

Hal-hal terkait pengetahuan dasar perusahaan dapat dirangkum dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah perusahaan tempatmu bekerja dapat melakukan transaksi pembayaran melalui Debit atau Cek? Jika demikian, adakah syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi?
  • Jenis kartu kredit apa saja yang dapat digunakan?
  • Kapan dapat dilakukan pembayaran atau batas limit jangka waktu pembayaran atas suatu transaksi?
  • Apakah restoran menyediakan hidangan take-away?
  • Kapankah tamu harus melakukan check-out?

Tentu masih banyak lagi topik dan pembahasan yang harus Kamu pelajari selain dari apa yang dituliskan di atas.

Sekali lagi, Kamu sebaiknya mencari lebih banyak lagi sumber yang bisa semakin memperkaya pemahamanmu, seperti panduan operasional kebijakan bisnis perusahaan dan berbagai buklet (baik cetak maupun online) mengenai pengetahuan dasar perusahaan tempatmu bekerja.

Jangan lupa untuk tetap bersikap jujur serta tepat saat memberikan penjelasan atau informasi kepada setiap pelanggan ketika mereka membutuhkannya. Tetap semangat.

Baca juga: Pentingnya Menerapkan Etika Kerja dalam Dunia Perhotelan

Salam Jempol!

By Author

Recommended Posts

AJAR in The News