2 Jenis Infrastruktur Property Management System di Hotel

2 Jenis Infrastruktur Property Management System di Hotel

AJAR Hospitality

2 Jenis Infrastruktur Property Management System di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Tidak dipungkiri bahwa peran PMS (Property Management System) sangat penting bagi hotel untuk pelayanan tamu, bertransaksi, membuat laporan, dan fungsi-fungsi penting lainnya. Nah, sebagai hotelier pastinya kita tidak asing dengan sistem tersebut, karena PMS merupakan alat yang digunakan dalam bekerja setiap hari. Namun, tahukah Kamu bahwa platform dan infrastruktur PMS terus berevolusi? Lengkapnya, yuk kita pelajari berikut ini!

Jika dilihat dari insfrastrukturnya, apa saja sih jenis-jenis PMS ini?

Jika dilihat secara infrastruktur dan model bisnis yang diterapkan oleh para providerPMS, maka terdapat dua jenis aplikasi PMS yang dapat kamu pilih, yaitu On Premises dan Cloud.

Pertama adalah On Premises atau Aplikasi Desktop. Aplikasi-aplikasi ini banyak sekali diterapkan di hotel. Dari jaman dulu hingga jaman sekarang masih banyak yang menggunakan aplikasi-aplikasi ini. Provider-nya juga beragam, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Platform yang digunakan adalah web based atau aplikasi desktop. Web based dan aplikasi desktop ini mengharuskan hotel untuk menyediakan perangkat server di area hotel untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data.

Keuntungan menggunakan PMS berbasis lokal ini adalah sistem dan keamanan data dapat berjalan stabil, karena lokasi server berada di dalam area hotel. Namun, kekurangannya adalah nilai investasi awal yang tergolong mahal, karena hotel harus menyediakan server serta membayar lisensi software dan beban “biaya perawatan” rutin tahunan.

On Premises PMS adalah aplikasi Property Management System, di mana PC client yang digunakan oleh setiap user mengakses server di dalam hotel. Umumnya, user menggunakan Desktop untuk menjalankan aplikasi. Illustrated by AJAR.id

Kedua adalah Cloud, di mana aplikasi berjalan seperti layaknya Kamu sedang berselancar di internet. Cukup buka browser dan tersambung ke internet, maka Kamu bisa menggunakan Property Management System untuk bekerja. Keuntungan menggunakan PMS berbasis Cloud adalah beban investasi awal lebih rendah, karena Kamu tidak perlu membeli server dan biaya “lisensi” yang harganya selangit. Pihak provider umumnya hanya akan membebankan biaya langganan yang di hitung per bulan. Besaran biayanya tergantung module yang Kamu pakai.

Cloud PMS adalah Property Management System dimana user dapat mengakses ke PMS melalui browser pada perangkat desktop, laptop, Handphone atau tablet yang dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Data-data dan mesin dari aplikasi tersimpan di dalam Cloud Computing dan Storage. Illustrated by AJAR.id

Untuk memastikan keamanan data, umumnya pihak provider Cloud memiliki sertifikat Security Socket Layer (SSL) 256-bit, di mana keamanan transaksi telah aman seperti bertransaksi di bank. Selain itu, data-datamu dijamin aman karena provider umumnya bekerja sama dengan pihak ketiga seperti “Google” dan “Amazon Web Service” yang sangat ketat dalam memberlakukan keamanan dan privasi data-data pelanggan.

Kelemahan menggunakan Cloud ini adalah hotel kamu harus selalu terhubung ke internet. Namun, beberapa provider telah memiliki teknologi yang memungkinkan aplikasi untuk dapat digunakan ketika tidak ada koneksi internet. Jadi, ketika Kamu tidak punya koneksi internet, Kamu tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut dan setelah koneksi internetmu terhubung kembali, data-datamu akan diperbaharui (terkirim dan tersimpan) secara otomatis di dalam Cloud Storage.

Jadi, pilih mana? On Premises atau yang Cloud?

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Recommended Posts

AJAR in The News