2 Jenis Pemeliharaan Perangkat Komputer

2 Jenis Pemeliharaan Perangkat Komputer

AJAR Hospitality

2 Jenis Pemeliharaan Perangkat Komputer

AJAR.id – Halo Ajarian! Melakukan tugas pemeliharaan perangkat tidaklah semata-mata merupakan tanggung jawab yang diembah oleh pihak IT saja. Melainkan, hal tersebut juga merupakan bagian dari tanggung jawabmu sebagai seorang pengguna.

Secara umum, jenis pemeliharaan perangkat dapat dikategorikan menjadi dua, yakni tindakan pencegahan dan pemeliharaan rutin. Mari kita simak penjelasan mengenai kedua jenis pemeliharaan tersebut.

1. Tindakan Pencegahan
Tindakan pencegahan dimaksudkan sebagai serangkaian penanganan yang dilakukan oleh seorang pengguna perangkat demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada perangkat komputer yang digunakan.

Jenis pemeliharaan ini dapat berupa prosedur pemakaian perangkat yang benar, mulai dari mengaktifkan (menghidupkan) perangkat, penggunaan software, penyimpanan data, penutupan aplikasi, hingga menonaktifkan perangkat komputer.

Pastikan perangkat tidak menggunakan aplikasi non-resmi yang kemungkinan dapat menimbulkan crash atau malware terdahap proses komputasi. Selain itu, pastikan juga Kamu telah menyimpan semua data dengan benar sebelum menutup sebuah aplikasi.

Kerusakan sistem digital pada suatu komputer sering diakibatkan oleh virus komputer maupun malware. Untuk menanggulanginya, Kamu wajib memperbarui aplikasi proteksi yang tersemat di dalam sistem operasi perangkatmu.

Di samping itu, penerapan teknis yang tidak benar dapat berpotensi menimbulkan masalah pada sistem operasi. Misalnya, Kamu kerap melakukan force close —mematikan perangkat secara paksa dengan langsung menekan tombol power — alih-alih memilih opsi shut down.

2. Pemeliharaan Rutin
Pemeliharaan rutin lebih ditekankan pada pembaruan sistem operasi (OS update) serta perawatan kebersihan perangkat komputer.

Setiap perangkat yang menggunakan sistem operasi resmi (misalnya Windows OS) tentu akan mendapatkan pembaruan sistem secara berkala melalui koneksi internet. Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa dari aplikasi yang digunakan serta peniadaan bug atau crash.

Proses pengelolaan ruang penyimpanan (disk drive) juga merupakan bagian dari tindakan pemeliharaan rutin. Tujuannya adalah supaya media penyimpanan di komputermu dapat semakin terorganisir dan mengurangi muatan data yang sudah tidak berguna lagi.

Selain dari kedua hal di atas, membersihkan perangkat serta mengecek kondisi dari komponen-komponen komputer ikut berkontribusi dalam pemeliharaan perangkat sehingga usia penggunaannya pun dapat bertahan lebih lama.

Dalam menjaga kebersihan komputer, hal terpenting yang wajib Kamu perhatikan adalah kebersihan rongga-rongga keyboard. Pastikan bahwa tidak ada debu (atau kotoran) yang tersemat di dalamnya.

Kamu dapat menggunakan alat pembersih yang banyak dijual di toko elektronik (komputer) atau membawanya ke pusat perawatan komputer. Supaya tampilan pada monitor tidak terganggu, Kamu sebaiknya juga melakukan pembersihan di permukaan layar tersebut.

Berbagai tindakan pencegahan dan pemeliharaan rutin yang Kamu lakukan tidak selalu harus mahal. Namun secara manfaat, rentang usia dari perangkat yang Kamu gunakan akan jauh lebih lama dan kinerjanya pun akan dapat selalu diandalkan.

Baca juga: Cara Melakukan Backup Data-Data Penting

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News