2 Jenis Pemeliharaan Perangkat Komputer

2 Jenis Pemeliharaan Perangkat Komputer

AJAR Hospitality

2 Jenis Pemeliharaan Perangkat Komputer

AJAR.id – Halo Ajarian! Melakukan tugas pemeliharaan perangkat tidaklah semata-mata merupakan tanggung jawab yang diembah oleh pihak IT saja. Melainkan, hal tersebut juga merupakan bagian dari tanggung jawabmu sebagai seorang pengguna.

Secara umum, jenis pemeliharaan perangkat dapat dikategorikan menjadi dua, yakni tindakan pencegahan dan pemeliharaan rutin. Mari kita simak penjelasan mengenai kedua jenis pemeliharaan tersebut.

1. Tindakan Pencegahan
Tindakan pencegahan dimaksudkan sebagai serangkaian penanganan yang dilakukan oleh seorang pengguna perangkat demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada perangkat komputer yang digunakan.

Jenis pemeliharaan ini dapat berupa prosedur pemakaian perangkat yang benar, mulai dari mengaktifkan (menghidupkan) perangkat, penggunaan software, penyimpanan data, penutupan aplikasi, hingga menonaktifkan perangkat komputer.

Pastikan perangkat tidak menggunakan aplikasi non-resmi yang kemungkinan dapat menimbulkan crash atau malware terdahap proses komputasi. Selain itu, pastikan juga Kamu telah menyimpan semua data dengan benar sebelum menutup sebuah aplikasi.

Kerusakan sistem digital pada suatu komputer sering diakibatkan oleh virus komputer maupun malware. Untuk menanggulanginya, Kamu wajib memperbarui aplikasi proteksi yang tersemat di...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News