2 Kunci Penting untuk Menghargai Customer dan Rekan Kerja

2 Kunci Penting untuk Menghargai Customer dan Rekan Kerja

Editor AJAR.id

2 Kunci Penting untuk Menghargai Customer dan Rekan Kerja

AJAR.id – Hello Ajarian! Industri perhotelan merupakan industri yang terdepan dari segi keberagaman budaya. Banyak hotel yang mempekerjakan staf dari latar belakang budaya yang berbeda. Tak hanya itu, customer yang datang menginap pun berasal dari beragam budaya dan negara.

Elemen penting yang harus Kamu ketahui dalam bekerja di lingkungan multikultural adalah memastikan bahwa customer dan rekan kerja merasa dihargai. Caranya yaitu dengan menunjukkan bahwa orang-orang tersebut penting bagi kelangsungan bisnis dan betapa hotel menghargai kehadiran mereka.

Rasa hormat dan sensitivitas adalah dua karakteristik yang harus kita tunjukkan kepada rekan kerja dan customer sebagai bentuk ‘penghargaan’ kepada mereka. Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan lebih lanjut tentang rasa hormat (respect) dan sensitivitas (sensitivity).

Respect

Respect atau rasa hormat adalah hal pertama yang harus selalu Kamu tunjukan kepada customer dan rekan kerja. Bersikap hormat memiliki makna bahwa Kamu:

  • Memperlakukan seseorang tanpa membeda-bedakan status, ras, agama, dll.
  • Menghargai seseorang, misalnya dengan menghargai privasi customer, menghargai pendapat rekan kerja dalam diskusi, dll.
  • Menunjukkan kesopanan kepada orang tersebut, bisa merujuk pada norma-norma yang ada di masyarakat atau berdasarkan etika kerja perusahaan.

Sensitivity

Hal kedua yaitu sensitivity alias rasa sensitif/sensitivitas yang perlu Kamu terapkan untuk bisa memahami kebutuhan seseorang berdasarkan perbedaan budaya yang ada.

Menunjukkan sensitivitas lebih sulit daripada bersikap respect, karena membutuhkan waktu dan komitmen panjang. Cara menunjukkan rasa sensitif dalam konteks perbedaan budaya contohnya:

  • Mengidentifikasi latar belakang budaya atau latar belakang sosial seseorang.
  • Mencari tahu apakah ada hal yang perlu dipertimbangkan saat berinteraksi dengan orang tersebut.
  • Mengambil tindakan untuk memastikan kebutuhan mereka bisa Kamu penuhi, sesuai dengan kemampuan dan peraturan yang ada.

Singkatnya, bersikap sensitif memiliki makna bahwa Kamu mengerti bahwa perbedaan budaya bisa membuat kebutuhan seseorang berbeda dengan orang lainnya, sehingga Kamu perlu mengupayakan apa yang mereka butuhkan. Ingat, bersikap sensitif bukan berarti Kamu memahami perbedaan kemudian mengabaikannya saja ya!

Baca juga: Mengapa Kamu Harus Menghargai Customer dan Rekan Kerja?

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News