3 Cara Promosi Hotel Melalui Media Sosial

3 Cara Promosi Hotel Melalui Media Sosial

Editor AJAR.id

3 Cara Promosi Hotel Melalui Media Sosial

AJAR.id – Hello Ajarian! Di era sekarang ini, hampir setiap penduduk di Indonesia memiliki akun media sosial seperti Facebook dan Instagram. Media sosial seperti Facebook atau Intagram ini bisa menjadi salah satu media promosi yang efektif apabila dimanfaatkan dengan baik.

Sudah banyak restoran, kafe, dan tempat nongkrong kawula muda yang menggunakan media sosial sebagai sarana promosi sekaligus membentuk branding. Tak ada salahnya juga, jika unit hotel memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

Bagaimana caranya?

Ada beberapa cara promosi hotel melalui media sosial yang bisa dibuat oleh staf marketing sebuah hotel:

  1. Artikel advertorial
    Advertorial adalah salah satu jenis iklan yang disajikan melalui gaya bahasa jurnalistik. Advertorial berasal dari 2 kata yakni advertising dan editorial. Artikel advertorial yang telah dibuat oleh salah satu staf marketing hotel bisa di-blasting ke beberapa website perhotelan atau media online yang memiliki jumlah viewer yang besar. Di dalam membuat sebuah artikel advertorial ini menuntut kreativitas dan minat seorang staf untuk belajar menulis.
  2. Vlog seorang staf
    Vlog merupakan video dokumentasi jurnalistik yang di-share melalui website maupun di YouTube. Tidak ada ketentuan untuk membuat sebuah Vlog selama tidak menyangkut SARA.
    Vlog juga bisa menjadi salah satu bahan promosi bagi hotel, caranya adalah dengan meminta salah satu staf yang hobi selfie “kekinian” dan memiliki wajah yang fotogenik untuk membuat sebuah video gaya bebas yang berisi tentang promosi (seperti menampilkan menu makanan yang favorit di restaurant hotel atau kegiatan sehari-hari di hotel) kemudian mem-posting-nya di Instagram maupun YouTube.
    Apabila tidak ada staf yang mau membuat sebuah Vlog, unit hotel bisa bekerja sama dengan artis- artis Vlogger untuk membuat sebuah video promosi.
  3. Akun fans page Facebook dan Instagram
    Facebook dan Instagram adalah media sosial yang paling banyak diakses oleh khalayak umum dari masyarakat biasa sampai seorang presiden dan pejabat negara. Staf marketing unit hotel bisa tuh membantu hotel untuk membuat akun fans page Facebook dan Instagram untuk aktivitas promosi bagi hotel.
    Seorang staf yang ditunjuk sebagai admin fans page Facebook dan Instagram ini adalah seorang staf yang memiliki kreativitas yang tinggi serta mengikuti trend masa kini (gak lucu kan kalau foto dan video di Instagram terkesan kaku dan dingin)

Lalu apa saja manfaatnya, jika menggunakan media sosial untuk promosi?

Manfaat dari promosi melalui media sosial ini adalah sebagai berikut:

  1. Jangkauan luas selama ada koneksi internet
  2. Akan lebih cepat menyebar dengan share dari akun satu ke akun lainnya
  3. Biaya promosi relatif murah (bahkan tanpa mengeluarkan budget promosi)
  4. Pembuatan bahan promosi lebih cepat (kalaupun berupa video, proses editing video tidak serumit editing di dalam membuat banner ataupun baliho)
  5. Brand hotel akan lebih cepat terkenal di kalangan netizen (masyarakat internet) apabila bahan promosi yang di-share melalui media sosial tersebut menjadi “hits” dan “booming “ terutama bagi kawula muda.

Keberhasilan dari promosi hotel melalui media sosial ini tergantung dari kreativitas seorang staf Sales and Marketing maupun staf Public Relation di dalam create sebuah materi promosi agar netizen menjadi tertarik untuk reshare ataupun like materi promosi hotel melalui akun pribadi netizen. Semakin banyak netizen yang reshare dan like, semakin nge-“hits” materi promosi kita, maka netizen yang penasaran dengan materi promosi tersebut akan datang langsung ke hotel.

Namun, kita harus bijak di dalam memanfaatkan media sosial, ada pepatah mengatakan “mulutmu harimaumu”, kita gunakan media sosial untuk kegiatan yang positif seperti promosi.

Sahabat Ajarian, apa nama akun hotelmu di Instagram dan di Facebook?

Baca juga: Etika Sosial Media bagi Hotelier

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Recommended Posts

AJAR in The News