3 Hal Penting Ketika Menghadapi Pertanyaan Klien yang Membingungkan

3 Hal Penting Ketika Menghadapi Pertanyaan Klien yang Membingungkan

AJAR Hospitality

3 Hal Penting Ketika Menghadapi Pertanyaan Klien yang Membingungkan

AJAR.id – Halo Ajarian! Menghadapi klien secara langsung, khususnya untuk para petugas Front Office, memang bukan suatu perkara yang mudah. Selain menghadapi sikap mereka yang berbeda-beda, Kamu pun tentu akan sering mendapatkan pertanyaan-pertanyaan yang sulit, atau bahkan Kamu sendiri belum mengetahui jawabannya. Ketika terjadi hal demikian, lalu apa yang akan Kamu lakukan?

Dalam artikel ini Kamu akan mempelajari bagaimana bersikap dan mengambil keputusan yang bijak ketika Kamu dihadapkan oleh sederetan pertanyaan yang dirasa sulit.

Fakta bahwa tidak ada satu orang pun yang dapat mengetahui keseluruhan informasi mengenai produk dan layanan yang tersedia di suatu perusahaan bukan berarti Kamu bisa dengan mudah mengabaikan pentingnya informasi tersebut, terlebih ketika Kamu sedang dihadapkan dalam situasi di mana Kamu tidak mengetahui suatu informasi yang diperlukan.

Sikap yang sebaiknya Kamu perhatikan ketika menghadapi situasi tersebut adalah:

  1. Jangan pernah memberikan informasi palsu – Upayakan untuk selalu memberikan fakta ketimbang mengarang suatu cerita hanya demi menutupi ketidaktahuanmu. Hal ini amatlah penting, mengingat bahwa klien bisa dengan mudah mencari referensi lain terkait informasi yang mereka perlukan. Dan ketika mereka mengetahui bahwa informasi yang Kamu berikan keliru, bersiaplah untuk mendapatkan teguran atau penilaian buruk mengenai kinerjamu. Bahwa di beberapa kasus, informasi palsu yang Kamu buat bisa berakhir di meja hijau.
  1. Mintalah maaf atas ketidaktahuanmu akan suatu informasi yang dipertanyakan oleh klien dan pastikan Kamu akan segera memberikan jawaban yang mereka butuhkan – permintaan maaf sederhana akan jauh lebih berterima daripada sekadar memberikan informasi palsu. Pasalnya, dengan cara yang beretika, klien pun akan tetap menghargai ketidaktahuan petugas yang ditanya dan membiarkannya mencari informasi tersebut.
  1. Temukan informasi yang dibutuhkan dari sumber yang terkait – pertanyaan yang muncul biasanya tidak selalu berkaitan dengan bagian yang Kamu kerjakan. Jika demikian halnya, ada baiknya jika Kamu segera menghubungi pihak terkait yang mengetahui atau menyediakan informasi (baik tertulis maupun lisan) dan menyampaikannya kembali kepada klien. Dengan demikian, reputasimu dalam suatu perusahaan akan tetap terjaga oleh karena Kamu tetap bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Selain ketiga hal di atas, masih ada satu hal lagi yang harus selalu Kamu ingat dalam menghadapi pertanyaan klien. Jangan pernah hanya memberikan ‘senyuman’ atau mengangkat bahu dan mengatakan bahwa ‘Maaf, saya tidak tahu’ kepada klien yang bertanya. Hal itu jelas akan memberikan kesan negatif kepadamu dan yang kelak akan mempengaruhi penilaian kinerjamu di perusahaan tersebut.

Baca juga: Cara Mengakses Informasi dan Meningkatkan Profesionalitas di Hospitality Industry

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News