3 Hal yang Menentukan Kaldu Berkualitas Baik

3 Hal yang Menentukan Kaldu Berkualitas Baik

AJAR Hospitality

3 Hal yang Menentukan Kaldu Berkualitas Baik

AJAR.id – Hello Ajarian! Kaldu atau kerap disebut stock adalah cairan kaya rasa dan aromatik yang digunakan di dunia kuliner sebagai cairan dasar yang digunakan dalam membuat berbagai masakan.

Kualitas kaldu akan tergantung pada kualitas bahan yang digunakan untuk memproduksi dan keterampilan serta keahlian juru masak yang membuat kaldu tersebut. Meski bahan-bahan berkualitas baik telah digunakan, tetapi jika praktiknya tidak tepat maka kualitasnya pun menjadi kurang baik.

Selain itu, faktor waktu juga menjadi penentu kualitas kaldu. Beberapa kaldu ada yang bisa dibuat dalam waktu 20 menit namun ada pula yang membutuhkan 8- 12 jam untuk mengekstraksi seluruh rasa dalam komponen yang ada pada kaldu.

Jenis-jenis kaldu yang kerap ditemukan di dapur yaitu:

  • Kaldu ayam (Chicken stock)
  • Kaldu daging (Beef stock)
  • Kaldu ikan (Fish stock)
  • Kaldu sayuran (Vegetable stock)
  • Stock syrup
  • Kaldu instan

Kaldu-kaldu tersebut adalah bahan dasar dari berbagai saus dan sup. Dari kaldu dasar ini, akan dibuat ‘mother sauce’ yang kemudian diolah menjadi saus-saus turunan.

Ada tiga hal yang menentukan kualitas kaldu:

  1. Gelatin
    Gelatin diperoleh dari kolagen pada tulang. Ketika tulang dimasak dalam air untuk waktu...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News