3 Kunci Penting dalam Menangani Komplain di Industri Perhotelan

3 Kunci Penting dalam Menangani Komplain di Industri Perhotelan

AJAR Hospitality

3 Kunci Penting dalam Menangani Komplain di Industri Perhotelan

AJAR.id – Hello Ajarian! Komplain sangat wajar terjadi, baik dari tamu, rekan kerja, bahkan komplain dari supplier. Umumnya komplain bisa timbul akibat adanya ketidakpuasan atas sesuatu, atau saat ekspektasi seseorang tidak terpenuhi.

Dalam menangani komplain tamu, yang harus Kamu fokuskan adalah mencari cara agar pengalaman tidak menyenangkan yang dialami tamu berubah menjadi hal positif melalui tindakan yang Kamu lakukan untuk ‘menyelamatkan’ situasi tersebut.

Ada tiga kunci penting saat menangani komplain tamu, yaitu:

  • Kepekaan
  • Sopan santun
  • Profesional.

Bagaimanakah cara menerapkan ketiga hal tersebut saat Kamu sedang menangani komplain dari tamu? Simak yuk!

Kepekaan (Sensitivity)

Apa yang dimaksud dengan kepekaan dalam menangani komplain? Memiliki rasa peka berarti Kamu perlu:

  • Mengambil waktu sejenak untuk menganalisa komplain tersebut, serta mencari informasi tentang penyebab atau pemicu komplain. Hal ini sangat penting, karena banyak hal yang bisa terlewat ketika Kamu terburu-buru untuk mencari solusi dari komplain tersebut.
  • Menelusuri faktor-faktor relevan yang bisa menjadi pemicu komplain, seperti faktor usia, gender, ras, hingga faktor lain seperti apakah orang tersebut sedang sakit, mabuk, kelelahan, dll.
  • Melakukan ‘pendekatan’...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News