3 Langkah Melakukan Verifikasi Pemilik Barang Lost and Found

3 Langkah Melakukan Verifikasi Pemilik Barang Lost and Found

AJAR Hospitality

3 Langkah Melakukan Verifikasi Pemilik Barang Lost and Found

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam melakukan Proses Klaim Barang Lost and Found, hal penting yang harus Kamu perhatikan adalah apakah barang diberikan kepada pemilik aslinya atau tidak. Sehingga, Kamu perlu melakukan verifikasi dulu sebelum menyerahkan barang tersebut. Proses verifikasi melibatkan beberapa cara, di antaranya:

  1. Menanyakan deskripsi barang yang akurat
    Hal-hal yang bisa Kamu tanyakan misalnya, “Berapa jumlah uang di dompet yang hilang?” atau “Apakah merek jam tangan tersebut?”. Perhatikan juga seberapa rinci tamu mendeskripsikan barang, seperti “Ada retak di bagian bawah layar sebelah kanan” atau “Terdapat bekas tinta merah di belakang kantung tas bagian dalam”.
  2. Mencocokkan foto
    Apabila dalam barang tersebut terdapat foto pemilik (pas foto/foto pada kartu identitas), cocokkan dengan wajah aslinya. Foto bisa saja buram, namun Kamu bisa memperkirakan kecocokkan melalui bentuk wajah, hidung, bibir, dan sebagainya pada foto tersebut.
  3. Menunjukkan bukti kepemilikan
    Sebagai bukti kepemilikan, Kamu bisa meminta tamu menunjukkan bukti struk pembelian, bukti transaksi pada kartu debet/kredit, atau foto pemilik dengan barang. Poin ini sifatnya opsional karena belum tentu semua orang menyimpan bukti transaksi/foto barang.

Saat melakukan verifikasi kepemilikan barang, harap diingat untuk tidak bersikap seperti menginterogasi tamu dan mencurigai mereka. Jelaskanlah bahwa kebijakan dan prosedur yang berlaku untuk klaim barang adalah tamu harus lolos verifikasi dahulu.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News