3 Level Kualitas Jawaban dalam Pelayanan

3 Level Kualitas Jawaban dalam Pelayanan

Editor Ajar

3 Level Kualitas Jawaban dalam Pelayanan

AJAR.id – Hello Ajarian! Pernahkah Kamu pergi ke sebuah dealer untuk membeli sebuah kendaraan? Atau pernahkah Kamu membeli sebuah barang yang begitu baru buat Kamu? Apa yang Kamu tanyakan? Apa respons petugas yang melayanimu?

Contoh kasus tersebut sama persis dengan situasi yang ada di hotel di mana sebagian dari tamu kita mungkin baru pertama kali datang ke hotel kita. Sebagai seorang tamu yang membutuhkan informasi, maka mereka bisa saja bertanya kepada siapa saja yang mereka temui.

Pertanyaannya, sudah siapkah kita untuk menjawab pertanyaan mereka? 

Nah, sebelum kita bekerja umumnya kita diberikan orientasi oleh HRD atau diberikan training oleh atasan kita yang berhubungan dengan "Product Knowledge". Hal ini sangat penting sekali dan jangan anggap remeh karena Kamu akan menggunakannya ketika melayani tamu, terutama ketika Kamu menjawab pertanyaan tamu.

Dalam menjawab pertanyaan, maka terdapat 3 tingkatan kualitas jawaban yang dapat diukur dan dievaluasi. Contohnya sebagai berikut:

Kualitas Jawaban Level 1 

Pada kualitas level 1 ini adalah level kualitas terendah di mana petugas hanya menjawab dengan jawaban yang sangat sederhana. Contohnya seperti di bawah:

Tamu: berapa lama jarak tempuh dari hotel ke airport?

Petugas:...

Yuk daftar GRATIS sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in

Recommended Posts

AJAR in The News