3 Peran Utama Departemen Reservasi di Hotel

3 Peran Utama Departemen Reservasi di Hotel

Editor AJAR.id

3 Peran Utama Departemen Reservasi di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Departemen reservasi adalah bagian yang vital dalam sebuah hotel dan bisa menjadi penentu first impression yang baik di mata tamu saat pertama kali tamu dilayani.

Meskipun di era modern ini reservasi kamar lebih banyak dilakukan online, staf reservasi masih dibutuhkan untuk melayani customer yang ingin mem-booking kamar secara langsung. Namun, tahukah Kamu bahwa departemen reservasi memiliki peran lainnya di hotel?

Dalam artikel ini, AJAR.id akan membahas apa saja peran utama departemen reservasi dalam pelayanan di hotel. Simak yuk!

  1. Menyediakan informasi yang relevan
    Staf reservasi bertanggungjawab untuk menjelaskan informasi akurat yang diinginkan customer. Informasi-informasi relevan yang umumnya ditanyakan adalah:
  • Fasilitas dan layanan hotel, seperti swimming pool, spa, shuttle bus, dll.
  • Tipe kamar yang tersedia mulai dari standard room, twin room, suite room.
  • Tarif kamar serta apa saja yang termasuk dalam tarif tersebut, contohnya termasuk breakfast selama menginap.
  • Paket khusus misalnya honeymoon package, christmas package, dsb.
  • Atraksi wisata lokal beserta lokasi, jarak tempuh serta harga tiketnya.
  • Transportasi yang tersedia, baik transportasi umum maupun sewa.
  • Jam check-in dan check-out, disertai keterangan bila ada extra charge untuk late check-out.
  • Metode pembayaran yang tersedia, seperti tunai, debit, kartu kredit, dll.
  1. Mendorong penjualan
    Staf reservasi perlu memiliki skill berkomunikasi yang baik agar bisa ‘merayu’ dan meyakinkan customer untuk melakukan reservasi kamar atau membeli produk hotel lainnya. Gunakan selling techniques yang handal untuk mendorong penjualan yang lebih banyak agar menguntungkan hotel.

Jika Kamu memiliki product knowledge yang baik, tentu Kamu semakin mampu mempromosikan dan menjual product dan service yang tersedia di hotel!

  1. Memproses reservasi kamar
    Ketika tamu sudah setuju untuk melakukan reservasi, tugas selanjutnya adalah memproses reservasi tersebut. Memproses reservasi terdiri dari beberapa tindakan, yaitu:
  • Mengidentifikasi tanggal pemesanan – pastikan tanggal sesuai dengan permintaan tamu dan cek ketersediaannya pada room availability agar tidak terjadi overbooking.
  • Mengidentifikasi tipe kamar – jelaskan pula fasilitas dan room rate kamar yang dipilih tamu.
  • Mencatat data diri tamu – mulai dari nama lengkap, alamat, nomor telepon, email dan sebagainya.
  • Memproses pembayaran – tanyakan metode pembayaran apa yang diinginkan tamu.
  • Mengirimkan konfirmasi atas pemesanan kamar – umumnya hotel mengirimkan konfirmasi booking lewat email.

Sahabat Ajarian, itulah peran departemen reservasi di hotel yang perlu Kamu ketahui. Untuk menjadi staf reservasi yang profesional, pastikan Kamu memiliki product knowledge dan kemampuan selling skill yang mumpuni. Selanjutnya, baca juga yuk artikel Beragam Fungsi Dasar Computerized Reservation System.

Salam jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News