4 Cara Mempelajari Keragaman Budaya

4 Cara Mempelajari Keragaman Budaya

Editor AJAR.id

4 Cara Mempelajari Keragaman Budaya

AJAR.id – Hello Ajarian! Memiliki pengetahuan tentang berbagai perbedaan budaya tidak selalu datang secara alami. Hal pertama bagimu untuk mempelajari perbedaan-perbedaan ini adalah keinginan untuk mencari tahu tentang bagaimana budaya bisa berbeda-beda dan bagaimana Kamu dapat mengakomodasi kebutuhan yang muncul dari perbedaan budaya itu.

Tanpa adanya keinginan dari diri sendiri untuk mencari informasi, maka akan sulit bagimu untuk berhasil saat bekerja di lingkungan multikultural.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan beberapa cara yang bisa membantu Kamu mencari tahu apa saja hal-hal yang sesuai dan tidak sesuai dalam sebuah kebudayaan, sehingga nantinya Kamu bisa berinteraksi dengan baik saat menghadapi customer dan rekan kerja.

  1. Menghadiri acara-acara kebudayaan
    Beragam acara-acara kebudayaan dari berbagai negara kerap diselenggarakan sebagai ajang promosi dan peningkatan kesadaran masyarakat atas budaya atau lifestyle negara tersebut.

Hotel juga umumnya menjadi tempat perhelatan acara-acara kebudayaan, terutama jika customer mereka didominasi warga negara tertentu. Acara seperti ini menyediakan informasi seputar:

  • Kosakata dasar dan ucapan salam yang umum
  • Body language – beberapa negara memiliki body language yang mengisyaratkan hal positif maupun ofensif
  • Ekspektasi yang umum dimiliki warga negara tersebut – ekspektasi bisa dari segi pelayanan, formalitas kerja, makanan dan minuman
  • Sejarah negara
  • Pengetahuan geografi dasar
  • Kontribusi negara tersebut terhadap dunia
  • Isu agama, keyakinan, dan kepercayaan
  • Adat istiadat dan hal-hal yang dianggap tabu
  1. Berbincang dengan orang dari latar belakang budaya dan negara yang berbeda
    Umumnya hal ini menjadi sulit saat ada keterbatasan bahasa, namun tidak jarang Kamu bisa menemukan orang dari latar belakang budaya berbeda yang fasih berbicara dalam bahasamu. Berbincang dengan mereka tentu memudahkan untuk menggali informasi seputar kebudayaan yang mereka miliki.

Banyak orang yang tidak segan untuk sharing mengenai budaya ketika mereka menemukan orang yang tertarik. Kamu bisa menemukan orang-orang tersebut di mana saja, baik di lingkungan kerja, di antara customer yang Kamu layani, para stakeholder perusahaan, supplier, atau bahkan teman-temanmu sendiri.

  1. Membaca buku, menonton video, dan mencari informasi dari interne
    Ada banyak sekali buku menarik yang membahas keberagaman budaya. Video-video dokumenter maupun film layar lebar mengenai budaya negara lain pun bisa dengan mudah Kamu tonton. Selain itu, Kamu juga bisa mencari informasi dari internet dengan membaca artikel, website, serta forum-forum online.
  2. Mengunjungi kedutaan besar atau kantor konsulat
    Bila Kamu memiliki jabatan atau peran penting di perusahaan, Kamu bisa mengajukan kunjungan ke kedutaan besar atau kantor konsulat negara yang tersedia. Staf kedutaan akan menyediakan literatur-literatur informatif serta berbincang langsung denganmu untuk berdiskusi. Berinteraksi langsung dengan staf kedubes tentu membuatmu bisa menggali informasi lebih dalam tentang kebudayaan sebuah negara yang ingin Kamu pelajari.

Sahabat Ajarian, itulah 4 cara mudah untuk mempelajari keragaman budaya. Bekerja di industri perhotelan menuntutmu untuk berpikiran luas dan terbuka, karena Kamu akan bertemu banyak orang dari beragam negara dan kebudayaan yang berbeda-beda. Dengan terus mengembangkan pengetahuanmu, maka Kamu mampu melayani customer dengan lebih baik lagi.

Baca juga: 2 Kunci Penting untuk Menghargai Customer dan Rekan Kerja

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News