4 Hal yang Harus Dilakukan Tour Guide Saat Memandu Wisatawan

4 Hal yang Harus Dilakukan Tour Guide Saat Memandu Wisatawan

Editor AJAR.id

4 Hal yang Harus Dilakukan Tour Guide Saat Memandu Wisatawan

AJAR.id – Hello Ajarian! Pemandu wisata atau tour guide adalah pekerjaan yang sangat berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Dibutuhkan penerapan skill serta pengetahuan yang mumpuni agar mampu memandu dengan baik.

Setelah memastikan 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Peserta Tur Tiba, dalam artikel ini AJAR.id akan membahas tentang apa saja yang harus dilakukan tour guide saat memandu wisatawan. Simak yuk!

1. Menyapa peserta tur
Tour guide harus stand by di titik kumpul sebelum waktu yang ditentukan, lebih awal dari pada kedatangan peserta. Hal ini akan menunjukkan kesiapanmu untuk menyambut kedatangan mereka. Sambut peserta dengan bahasa verbal yang sopan dan ramah sambil memperkenalkan dirimu.

Sampaikan terima kasih atas kesediaan peserta untuk mengikuti tur, kemudian lakukan perkenalan dengan setiap peserta tur dan staf lain yang turut serta dalam perjalanan tur tersebut. Tahap awal ini merupakan kesempatan Kamu untuk memberi kesan pertama yang baik demi membangun hubungan erat dengan peserta tur.

2. Mengonfirmasi detail tur
Ketika Kamu mengonfirmasi detail tur, pastikan untuk menyebutkan detail itinerary termasuk point of interest dan kegiatan yang akan diselenggarakan di sana. Setelah itu, bagikan perlengkapan tur untuk peserta seperti name tag, tiket, voucher, handout, dll.

Jelaskan pula aturan dan tata tertib yang berfungsi untuk menjaga setiap peserta agar tidak terpisah atau tersesat. Sebagai contoh, jelaskan lokasi titik kumpul (muster point) dan nomor telepon tour guide untuk dihubungi saat peserta membutuhkan bantuan.

3. Memulai kegiatan tur
Sebelum berangkat, hitung jumlah peserta untuk memastikan seluruhnya telah hadir. Bantu peserta untuk menaiki bus dan memasukkan barang bawaan mereka. Kemudian, jelaskan apa saja fasilitas on-board yang bisa dinikmati peserta dan tata tertib lain yang berkaitan dengan kendaraan.

Mulailah tur tepat waktu sesuai jadwal, agar setiap destinasi bisa dikunjungi sesuai waktu yang telah disepakati. Apabila tur sudah terlambat dari awal, tentu akan berdampak pada kegiatan-kegiatan selanjutnya.

4. Membangun hubungan dan interaksi dengan peserta tur
Membangun hubungan baik dengan peserta tur bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengalaman berwisata yang diperoleh selama tur berlangsung. Berikut beberapa tips untuk membangun hubungan baik dengan peserta tur:

  • Bangun percakapan mulai dari sapaan pertama. Sapa nama peserta dan selalu panggil mereka menggunakan nama. Sangat penting bagi Kamu untuk mengingat nama para peserta tur
  • Lontarkan pertanyaan mengenai topik seperti: negara/kota asal, hobi, alasan mengikuti tur, pengalaman wisata yang sebelumnya sudah pernah didapatkan, dll.
  • Lakukan ice breaking, yaitu aktivitas yang bertujuan untuk memecah kekakuan dan mendorong peserta agar mengenal satu sama lain. Pilih aktivitas yang bisa dilakukan sesuai tempat dan waktu ya!
  • Ceritakan hal-hal menarik saat berinteraksi dengan peserta, misalnya mengenai fakta unik di lokasi wisata, mitos-mitos yang dipercayai masyarakat setempat, dan topik lain yang bisa menarik perhatian peserta
  • Lontarkan guyonan lucu saat berbincang dengan peserta untuk menciptakan suasana menyenangkan dalam tur.
  • Beri perhatian terhadap kondisi peserta. Tanyakan apakah mereka membutuhkan sesuatu, apakah fisik mereka dalam kondisi sehat, serta bantu peserta untuk memecahkan masalah yang mungkin dihadapi
  • Menerapkan keterampilan interpersonal dan komunikasi yang cocok di setiap kesempatan, seperti: tersenyum, kontak mata, menunjukkan minat, menanggapi pertanyaan, atau mengklarifikasi informasi

Hubungan yang baik juga dapat dibangun dengan melibatkan para peserta tur dalam apa yang terjadi. Ini dapat mencakup memberi tahu mereka apa yang akan terjadi atau memberi instruksi tentang sesuatu yang harus dilakukan.

Baca juga: Tips untuk Meningkatkan Skill dan Knowledge bagi Tour Guide

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News