4 Langkah Efektif untuk Mendemonstrasikan Materi Coaching

4 Langkah Efektif untuk Mendemonstrasikan Materi Coaching

Editor AJAR.id

4 Langkah Efektif untuk Mendemonstrasikan Materi Coaching

AJAR.id – Hello Ajarian! Setiap materi yang disampaikan dalam sesi coaching harus didemonstrasikan dengan jelas, padat, dan sederhana. Perlu diketahui, keterampilan (skill) yang menjadi materi coaching biasanya merupakan skill yang tidak memerlukan sesi pelatihan formal, sehingga materi coaching cenderung berupa tugas-tugas umum dan praktis yang berdurasi singkat.

Agar mampu mendemonstrasikan sebuah skill dengan benar, seorang coach harus fasih baik dalam segi teori maupun praktik. Sangat tidak disarankan bagi Kamu untuk memandu sesi coaching jika Kamu tidak cukup kompeten untuk melakukannya.

Terdapat 4 langkah efektif untuk mendemonstrasikan materi coaching, simak yuk!

1. Demonstrasikan dengan normal
Ini adalah tahap pertama dari proses demonstrasi atau peragaan kepada peserta coaching. Kamu memeragakan cara melakukan sesuatu dengan kecepatan normal dan tanpa memberikan penjelasan. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada peserta bagaimana sesuatu dilakukan dengan benar, misalnya cara menggunakan mesin polisher lantai.

2. Demonstrasikan dengan lambat
Tahap selanjutnya yaitu mengulangi demonstrasi tersebut namun dengan kecepatan yang lebih lambat. Kamu perlu membagi demonstrasi ke dalam beberapa bagian dan memberikan penjelasan di tiap-tiap bagian tersebut. Peserta didorong untuk aktif bertanya, begitu pun dengan sang coach. Misalnya, Kamu bisa bertanya:

  • “Apakah ada yang ingat tahap selanjutnya harus melakukan apa?”
  • “Menurut kalian, mengapa kita harus melakukan ini dahulu sebelum mulai mengoperasikan mesin itu?”

Dalam tahap ini juga Kamu bisa menjelaskan pengetahuan dasar yang relevan, mendeskripsikan hal-hal seperti bagian komponen alat, komposisi makanan, dll. Jelaskan pula apa yang wajib diperhatikan untuk mendukung keselamatan kerja saat melakukan aktivitas tersebut.

3. Lakukan bersama-sama
Tahap ketiga adalah dimana Kamu dan peserta mempraktikkan demonstrasi bersama. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan dua alat yang sama untuk coach dan peserta, kemudian mempraktikkan aktivitas bersamaan. Bisa juga hanya menggunakan satu alat dan peserta akan bekerja sama dengan didampingi sang coach.

Peserta diperbolehkan untuk bertanya seputar hal-hal yang belum mereka pahami. Nah, Kamu bisa memancing peserta untuk berpikir, caranya dengan tidak memberikan jawaban langsung atas pertanyaan mereka.

Sebagai contoh, peserta bertanya: “Apa yang harus saya lakukan setelah ini?”

Kamu bisa membalikkan pertanyaan peserta, “Berdasarkan peragaan saya sebelumnya, apa yang menurutmu semestinya dilakukan?

Selama tahap ketiga ini berlangsung, perhatikan hal-hal berikut:

  • Pastikan peserta bekerja dengan aman dan keselamatannya terjamin
  • Pastikan peserta mengikuti seluruh proses yang ditetapkan. Peserta tidak diperkenankan mengambil ‘jalan pintas’ atau membuat prosedur sendiri yang menyalahi standar perusahaan
  • Berikan dukungan dan dorongan kepada peserta. Ketika peserta berhasil melakukan sesuatu, beri apresiasi yang tulus namun tidak berlebihan. Cukup katakan ‘Bagus’, ‘Oke’, ‘Tepat sekali’, atau dengan menganggukkan kepala
  • Berikan saran ketika peserta merasa kesulitan di tengah-tengah pekerjaan. Dampingi peserta hingga mereka benar-benar memahami materi dari sesi coaching tersebut.

4. Lakukan sendiri!
Ini merupakan tahap terakhir dimana Kamu memberi kesempatan kepada peserta untuk mempraktikkan sendiri ilmu yang baru mereka peroleh. Praktik bisa dilakukan di ruang training atau langsung di area kerja. Dalam tahap ini, Kamu tetap harus memantau dan mendampingi peserta dan memberikan bantuan di tempat ketika dibutuhkan.

Sebagai coach, Kamu harus selalu mengecek progres peserta secara berkala. Dengan begini, Kamu bisa menentukan apakah peserta membutuhkan sesi coaching tambahan atau sudah siap melangkah ke materi selanjutnya.

Baca juga: Tujuan Melibatkan Learner dalam Penyusunan Coaching Plan

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News