4 Materi Promosi yang Sering Digunakan di Perhotelan

4 Materi Promosi yang Sering Digunakan di Perhotelan

Editor AJAR.id

4 Materi Promosi yang Sering Digunakan di Perhotelan

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai staf hotel, terutama bagian sales and marketing yang pekerjaannya berkaitan dengan kegiatan penjualan, Kamu patut memahami apa saja materi promosi yang kerap digunakan oleh hotel.

Mengapa hal ini penting? Memiliki pemahaman atas materi promosi hotel akan membantumu dalam menjelaskan kepada customer, termasuk mendeskripsikan keuntungan-keuntungannya. Sehingga, ekspektasi customer bisa terpenuhi dan penjualan pun meningkat.

Apa saja materi promosi yang sering digunakan oleh hotel? Langsung simak di bawah ini yuk!

  1. Display – yaitu merupakan benda/barang yang dipajang untuk mempromosikan satu produk atau lebih. Benda yang bisa menjadi display seperti produk itu sendiri, standing banner, maupun video.

Sebagai contoh, hotel bisa memutar video yang menayangkan kegiatan wine tasting atau kegiatan city tour untuk menarik perhatian customer. Biasanya, video akan diputar terus menerus agar promosi bisa berlangsung maksimal.

  1. Food and Beverage Tasting – yaitu kegiatan promosi yang memungkinkan customer untuk mencicipi langsung makanan atau minuman yang disediakan hotel. Jenis promosi ini bisa digunakan untuk memperoleh feedback dari customer atas produk tersebut maupun untuk mengenalkan menu-menu baru kepada customer.

Selain itu, F&B Tasting juga bermanfaat sebagai ajang pameran atas keragaman makanan dan minuman yang ada di hotel.

  1. Kompetisi – cara ini adalah cara yang sangat menarik dalam mempromosikan produk dan service Ada banyak sekali kompetisi yang bisa diselenggarakan oleh hotel, tergantung dari apa yang hendak dipromosikan. Sebagai contoh, kompetisi foto, kompetisi makan, dan sebagainya. Kompetisi sangat efektif dilakukan untuk memperkenalkan produk baru maupun untuk meningkatkan daya tarik customer atas suatu produk/service.

Umumnya dalam sebuah kompetisi, peserta akan diminta data nama dan nomor telepon atau email. Nah, data ini bisa digunakan oleh tim Sales and Marketing untuk database.

Dalam menyelenggarakan kompetisi, sangat vital untuk menyediakan hadiah yang bernilai di mata customer. Hadiah bisa berupa uang tunai, voucher gratis menginap, tiket masuk sebuah event, voucher makan, dan masih banyak lagi!

  1. Penampilan selebriti – menjalin kerja sama dengan selebriti merupakan cara efektif untuk mempromosikan produk dan service hotel. Hotel bisa mengundang selebriti tersebut untuk mendemonstrasikan sebuah produk/service, kemudian selebriti tersebut membagikan pengalamannya di media sosial, media cetak, maupun televisi.

Perlu diingat nih, pilih selebriti yang sesuai dengan image hotel atau sesuai target pasar. Misalnya bila hotel membidik customer menengah ke atas, tentu perlu dipilih selebriti yang merepresentasikan kalangan tersebut. Hal ini bertujuan agar promosi bisa tepat sasaran dan memberi kredibilitas kepada produk, service, atau hotel itu sendiri.

Itulah 4 materi promosi yang sering digunakan hotel. Kegiatan promosi bisa dilakukan di area hotel maupun di luar hotel seperti di pusat perbelanjaan/mall atau di pameran. Dengan memahami materi promosi tersebut, Kamu akan mampu untuk memberikan informasi yang memadai atas produk atau service hotel kepada calon customer.

Baca juga: Bagaimana Cara Menerapkan Konsep 4P di Perhotelan?

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News