5 Alat Pembersih Karpet di Hotel

5 Alat Pembersih Karpet di Hotel

Editor AJAR.id

5 Alat Pembersih Karpet di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Kegiatan pembersihan area hotel patut dilakukan secara rutin untuk menghilangkan segala kotoran, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi. Pembersihan rutin akan memelihara penampilan hotel agar tetap apik dan juga menjaga kebersihan area tersebut. Kegiatan pembersihan merupakan bentuk investasi terhadap aset-aset yang ada di bangunan hotel, salah satunya adalah karpet.

Karpet banyak digunakan pada koridor, lantai kamar, lobby, ballroom, serta area lainnya di hotel. Karpet kerap menjadi pelapis lantai karena mampu meredam suara dan memberi kesan hangat dan elegan. Agar permukaan karpet senantiasa bersih dan indah, Kamu harus membersihkannya secara berkala.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan alat-alat pembersih karpet yang umum digunakan di hotel. Simak yuk!

  1. Rotary shampoo machine
    Merupakan mesin yang berdiri tegak dan memiliki tangki di bagian atasnya. Tangki ini menampung chemical yang bisa disemprotkan oleh operator mesin dengan cara menekan tombol pada bagian handle. Chemical akan mengalir melalui pipa hingga keluar dari sikat mesin dan operator mengarahkan mesin dalam garis lurus dengan gerakan dari kiri ke kanan.

Rotary shampoo machine bisa dilengkapi dengan satu sikat bundar (roundbrush) atau tiga sikat bundar ukuran kecil yang bisa berputar. Mesin ini harus digunakan secara hati-hati agar karpet tidak rusak akibat gosokan yang terlalu keras atau kasar.

  1. Dry foam shampoo machine
    Mesin ini cocok digunakan untuk membersihkan permukaan yang harus dikeringkan dengan cepat. Mesin dry foam shampoo juga tidak bersuara bising, sehingga tidak mengganggu kenyamanan tamu dan orang di sekitarnya.

Mesin dry foam shampoo cukup mirip dengan rotary shampoo machine, bedanya yaitu sikat pada dry foam shampoo machine bergerak ke depan bukan memutar. Chemical yang digunakan bersama mesin ini didesain untuk mengeluarkan busa melimpah untuk menyerap kotoran pada karpet yang telah dikendurkan oleh sikat. Nantinya busa ini akan mengering menjadi bubuk yang harus disedot menggunakan vacuum cleaner saat karpet sudah kering. Waktu pengeringan karpet setidaknya adalah dua jam.

  1. Hot water extraction
    Dari seluruh metode pembersihan karpet, ini merupakan metode terbaik. Mesin hot water extraction didesain untuk melakukan deep cleaning pada permukaan karpet. Terdapat dua buah tangki di dalam mesin dengan fungsi yang berbeda. Tangki pertama berisi larutan pembersih (chemical), dimana larutan tersebut disuntikkan ke dalam serat karpet melalui selang yang "memijat" serat karpet sehingga kotoran bisa terangkat. Larutan pembersih kotor bekas pembersihan pun kemudian disedot ke dalam mesin dan masuk ke tangki kedua.

Mesin ini juga bisa digunakan sebagai wet vacuum cleaner dengan mengaktifkan fitur penyedot airnya saja.

  1. Bonnet cleaning
    Metode pembersihan ini kerap diiklankan sebagai metode cuci kering (drcleaning) pada karpet. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena metode bonnet cleaning tetap menggunakan air. Bonnet merupakan floor pad halus berserat panjang yang terbuat dari katun atau campuran katun dan poliester.

Metode bonnet cleaning menggunakan bonnet padBonnet pad dicelupkan pada chemical kemudian diperas. Bonnet pad dipasang pada pad holder khusus yang terdapat pada rotary floor machine. Selanjutnya, rotary floor machine pun dioperasikan untuk membersihkan karpet. Bonnet pad harus diganti berkala karena menyerap debu dan kotoran dari karpet. Setelah proses pembersihan selesai, ganti pad dengan yang baru untuk mengeringkan karpet.

  1. Portable dryers
    Portable dryer merupakan alat pengering karpet yang bekerja dengan cara mengeluarkan udara dalam tekanan tinggi. Mesin ini digunakan untuk mengeringkan lantai yang basah serta permukaan karpet yang basah setelah dicuci.

Sahabat Ajarian, itulah lima macam alat pembersih karpet yang umum digunakan di hotel. Pastikan Kamu sudah memahami cara pengoperasian mesin pembersih karpet tersebut, sehingga karpet tidak rusak akibat salah penanganan!

Baca juga: Cara Memvakum Lantai yang Benar di Area Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News