5 Cara Menghadapi Kendala yang Tidak Terduga di Hotel

5 Cara Menghadapi Kendala yang Tidak Terduga di Hotel

Editor AJAR.id

5 Cara Menghadapi Kendala yang Tidak Terduga di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Meskipun Kamu sudah mempersiapkan sesuatu secara maksimal, kendala-kendala bisa saja terjadi. Hal ini sangat umum di dunia perhotelan. Setiap kendala yang muncul bisa membutuhkan kerja sama yang solid dalam tim demi menemukan solusi terbaik.

Beberapa contoh kendala yang tidak terduga disebabkan oleh:

  • Cuaca – contohnya akibat cuaca yang buruk seperti badai, lebih banyak tamu yang memilih tetap di dalam hotel dan memesan room service.
  • Flight delay – penerbangan yang ditunda atau dibatalkan dapat berdampak pada ketersediaan kamar, misalnya 50 kamar harus siap pada satu waktu.
  • Kurangnya stok bahan baku makanan – ketika supplier tidak mengirimkan sebuah bahan baku yang vital, sehingga hotel harus mencari alternatif lain.
  • Kendala listrik – putusnya aliran listrik yang menyebabkan tidak ada penerangan dan benda elektronik tidak bisa beroperasi.
  • Keadaan darurat (emergency) – seperti serangan jantung, alergi atau kebakaran.

Hal-hal tersebut hanyalah contoh, setiap hotel biasanya memiliki skenario atau prosedur dalam menanggulangi kendala-kendala tidak terduga yang kerap terjadi. Jika ternyata tidak ada prosedur yang jelas, maka sebagai staf hotel Kamu harus:

  1. Menggunakan insting dan akal sehat
  2. Tetap tenang dan jangan panik
  3. Bila ada solusi yang jelas, segera lakukan untuk menangani kendala tersebut
  4. Bila tidak ada solusi yang jelas, mintalah bantuan dari rekan kerjamu
  5. Laporkan kepada pihak manajemen atau staf lain bila perlu.

Terlepas dari kendalanya, solusi yang tepat tentu dibutuhkan. Kamu harus bersikap cepat tanggap ketika mencari solusi tersebut. Prioritasmu adalah mencari solusi yang memiliki dampak paling kecil terhadap customer dan operasional hotel.

Baca juga: Pentingnya Memberi Dukungan dan Bantuan ke Rekan Kerja

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News