5 Ciri-Ciri Karyawan Bahagia Saat Bekerja, Apakah Kamu Salah Satunya?

5 Ciri-Ciri Karyawan Bahagia Saat Bekerja, Apakah Kamu Salah Satunya?

Editor Ajar

5 Ciri-Ciri Karyawan Bahagia Saat Bekerja, Apakah Kamu Salah Satunya?

AJAR.id – Hello Ajarian! Pernahkah Kamu mendengar lirik lagu ini “Ati kudu tentrem, nyambut gawe karo seneng”? Ya... lirik lagu di atas adalah salah satu lirik lagu dari Band legendaris Koesplus dengan judul Ojo podho nelongso memang penuh dengan kalimat motivasi.

Jika lirik tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah “ati kudu tentrem, nyambut gawe karo seneng “ adalah hati harus tentram, bekerja dengan gembira. Artinya adalah kita sebagai karyawan hotel diharapkan merasa tentram dan selalu dalam keadaan gembira dan bahagia ketika kita bekerja.

Ciri- ciri karakter karyawan yang bahagia ketika bekerja adalah :

  1. Selalu berterima kasih dan penuh rasa syukur
    Berterima kasih ini adalah salah satu wujud syukur kita terhadap pertolongan dan bantuan orang lain. Dengan selalu berterima kasih, kita merasa bahwa pertolongan orang lain tersebut sangat berarti untuk kita. Dengan kita berterima kasih kepada orang lain, orang lain akan ikut merasakan bahagia dan senang sehingga hubungan antar personal karyawan pun menjadi lebih erat. Selain itu, karyawan yang berbahagia adalah karyawan yang selalu bersyukur terhadap apa yang tuhan berikan entah dalam keadaan lapang ataupun dalam keadaan sempit. Rasa syukur akan membawa kita lebih enjoy di dalam bekerja.
  2. Haus akan pengetahuan dan selalu mengembangkan diri
    Karakter karyawan bahagia ketika bekerja yang kedua adalah rasa haus akan pengetahuan. Karyawan dengan karakter tersebut selalu melakukan upgrade diri dan selalu ingin berkembang dan maju. Bagi seorang Manager, mendapatkan karyawan seperti ini adalah berkah tersendiri. Ibaratnya seperti sebuah mutiara yang tertanam di pasir, seorang Manager hanya membutuhkan sedikit polesan untuk memancarkan kemilau dari mutiara tersebut.
  3. Berpikiran terbuka
    Karakter selanjutnya adalah berpikiran terbuka. Berpikiran terbuka ini berarti bahwa karyawan tersebut mau untuk menerima masukan dan kritikan yang dapat menjadikan batu loncat untuk lebih baik lagi, selain itu berpikiran terbuka juga berarti bahwa karyawan tersebut mau untuk menerima pendapat orang lain ketika berada di dalam sebuah rapat dan diskusi, dan legowo ketika pendapatnya tidak dipakai atau digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan di dalam rapat atau diskusi.
  4. Ramah dan baik hati
    Karakter berikutnya adalah ramah dan baik hati. Karyawan yang memiliki sifat ramah bisa dipastikan memiliki banyak teman dekat. Selain itu , keramahan sangat diperlukan ketika karyawan memberikan sebuah pelayanan untuk tamu di hotel sehingga sudah sepatutnya sifat ramah dimiliki oleh para hotelier yang jempolan. Keramahan berasal dari hati yang bahagia, teman-teman pengen tahu buktinya? Coba deh.. teman-teman amati karyawan hotel yang raut wajahnya menyeramkan, nada bicaranya ketus, dan jutek pasti hatinya tidak gembira . Selain ramah, teman-teman juga harus baik hati dalam artian ringan tangan ketika ada teman yang membutuhkan bantuan. Sekecil apapun bantuan yang diberikan akan memberikan kebahagiaan bagi orang di sekitar.
  5. Selalu optimis
    Karakter terakhir karyawan yang bahagia ketika bekerja adalah selalu optimis dalam hal apapun termasuk ketika sedang berada di bawah titik terendah sekalipun dia masih bisa optimis. Jiwa yang optimis dapat menghasilkan tenaga tambahan untuk bekerja. Optimis berbeda dengan ambisius lhooo... optimis itu dia merasa yakin akan berhasil untuk mencapai targetnya tanpa harus mengorbankan orang lain di sekitarnya, sedangkan ambisius adalah dia sangat bernafsu untuk mencapai targetnya tak peduli orang lain di sekitarnya mengalami kerugian.

Sahabat Ajarian, itulah beberapa karakter karyawan yang berbahagia ketika bekerja. Jika kita bekerja dalam keadaan senang dan selalu bahagia, teman-teman kita pun akan mendapatkan dampak yang positif juga sehingga beban kerja yang tadinya berat pun akan terasa ringan, selain itu dengan hati yang bahagia kita sudah menghindar dari stres akibat tekanan kerja. Jadi, bekerjalah dengan hati yang gembira dan selalu berbahagia juga penuh dengan rasa syukur apapun hasil yang didapatkan.

Semoga kita semua selalu dalam keadaan riang dan gembira, Amin...

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Recommended Posts

AJAR in The News