5 Etika Dasar dalam Bertelepon untuk Hotelier

5 Etika Dasar dalam Bertelepon untuk Hotelier

Editor AJAR.id

5 Etika Dasar dalam Bertelepon untuk Hotelier

AJAR.id – Hello Ajarian! Setiap telepon masuk harus segera diangkat agar penelepon tidak menunggu lama, sehingga hotel tidak kehilangan kesempatan untuk menarik customer yang potensial. Selain itu, telepon juga perlu dijawab sesuai dengan aturan yang berlaku di hotel, karena tiap hotel memiliki aturan dan prosedur tersendiri.

Meski begitu, Kamu tetap harus memahami etika dasar dalam bertelepon agar tidak terjadi miskomunikasi!

Apa saja sih etika dasar tersebut?

  1. Selalu gunakan bahasa yang formal dan sopan – hal ini menunjukkan profesionalitasmu. Meskipun penelepon menggunakan bahasa informal, Kamu tetap harus menjawabnya dengan formal ya!
  2. Ucapkan sapaan atau greeting – sesuaikan greeting dengan aturan hotel. Contoh greeting misalnya: “Selamat siang. AJAR Hotel dengan Siti, ada yang bisa dibantu?”. Greeting harus selalu diucapkan saat memulai dan menutup percakapan telepon.
  3. Tunjukkan antusiasme yang positif – tujuannya agar menunjukkan bahwa Kamu dengan senang hati bersedia melayani dan menjawab pertanyaan penelepon.
  4. Bersikaplah ramah – meski tidak bertatap wajah langsung, penelepon bisa merasakan keramahanmu lho! Hal ini dikenal dengan ‘smiling voice’, di mana suaramu terdengar lebih ramah saat Kamu berbicara sambil tersenyum. Sebagai tips, letakkan cermin kecil di dekat telepon agar Kamu selalu ingat untuk tersenyum dalam menjawab telepon!
  5. Tawarkan bantuanmu – hal ini hukumnya wajib Kamu lakukan ya Ajarian, bisa dengan menawarkan langsung maupun dengan cara menunjukkan kesediaan untuk membantu. Ciptakan kesan bahwa Kamu tidak terganggu oleh penelepon terlepas dari permintaan atau pertanyaan mereka yang sulit.

Itulah 5 etika dasar dalam bertelepon yang patut Kamu ketahui. Apabila telepon perlu di-hold, selalu tanyakan dulu apakah penelepon bersedia menunggu atau tidak. Jangan membuat mereka kesal karena panggilan di-hold sepihak lho!

Simak juga video: Tugas Telepon Operator di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News