5 Indikator Kualitas Telur yang Baik dan Cara Menyimpannya

5 Indikator Kualitas Telur yang Baik dan Cara Menyimpannya

AJAR Hospitality

5 Indikator Kualitas Telur yang Baik dan Cara Menyimpannya

AJAR.id – Hello Ajarian! Telur memegang peranan penting dalam sebuah masakan karena mengemulsi, memperkaya, dan mengentalkan bahan-bahan makanan. Saat membeli telur, pastikan Kamu hanya menerima telur dengan kualitas yang baik.

Telur dengan kualitas yang baik bisa diketahui lewat 5 indikator berikut ini:

  1. Kulit – harus bersih dari kotoran ayam, memiliki bentuk yang bagus dan tidak ada retakan.
  2. Kuning telur – tidak ada noda darah dan selaput. Selain itu, posisi kuning telur harus ada di tengah-tengah putih telur.
  3. Putih telur – tebal dan kenyal. Jika putih telur tipis dan agak cair maka telur tersebut sudah tidak segar.
  4. Bau – telur dengan kualitas baik tidak memiliki bau saat dibuka. Telur segar bisa bertahan selama 7 hari jika disimpan dalam suhu ruangan. Namun jika cuaca agak panas, telur tidak akan bertahan lama. Kamu bisa menyimpannya di kulkas dengan suhu di bawah 5 derajat agar kualitasnya tetap terjaga.
  5. Sel udara – bagian ini sulit dilihat dengan kasat mata namun bisa digunakan sebagai patokan jika Kamu curiga dengan supplier yang memberikan stok telur tidak segar. Telur yang sudah tidak segar akan kehilangan kelembapannya dan menyerap udara melalui kulitnya. Selain itu, jika telur mengapung di air maka telur tersebut tidak segar.

Telur adalah bahan makanan yang mudah busuk dan rentan pecah....

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News