5 Item Menu yang Tersaji di Buffet

5 Item Menu yang Tersaji di Buffet

Editor AJAR.id

5 Item Menu yang Tersaji di Buffet

AJAR.id – Hello Ajarian! Gaya penyajian ‘buffet’ banyak ditemukan di berbagai restoran, terutama di hotel. Penyajian buffet memang lebih praktis digunakan untuk melayani customer dalam jumlah besar dan bisa diatur sesuai kebutuhan, contohnya untuk wedding dan birthday party.

Hidangan buffet bisa disajikan pada satu meja panjang maupun beberapa meja kecil yang disejajarkan. Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan beberapa menu item yang tersedia di meja buffet.

  1. Hot dish
    Merupakan menu yang disajikan dalam kondisi panas/hangat. Hot dish atau hot food yang umum ditemukan di buffet misalnya daging panggang dan gulai ayam. Biasanya hot dish diletakkan pada chafing dish atau bain marie untuk menjaga agar suhu makanan tetap hangat.
  2. Sauces and condiments
    Sauce dan condiment adalah pelengkap makanan untuk meningkatkan rasa. Sauce dan condiments biasanya menjadi pendamping untuk daging, pasta, serta sayuran. Contoh sauce dan condiment adalah saus tomat, saus sambal, mayonaisse, mustard, tabasco, soy sauce, chutney, dan sebagainya.
  3. Salads on the buffet
    Salad adalah menu yang paling berwarna, banyak pilihan rasa, serta paling eye-catching di antara menu buffet lain. Salad bisa disajikan hangat maupun dingin, dan cocok untuk berbagai situasi. Dressing salad pun ada beragam pilihannya, mulai dari saus thousand islandvinaigrette, italian dressing, japanese dressing, dan masih banyak lagi. Salad hampir selalu bisa ditemukan pada setiap jenis sajian buffet.
  4. Fruits
    Buah-buahan segar menjadi hidangan pencuci mulut yang menyehatkan. Dalam menu buffet tersaji beragam buah potong yang bisa dinikmati customer. Di negara tropis seperti Indonesia, hotel biasanya juga menyediakan buah musiman.
  5. Dessert or sweet menu items
    Saat hendak memilih menu dessert untuk disajikan di buffet, Kamu harus memastikan bahwa menu tersebut seragam dari segi ukuran dan tampilan. Menu dessert yang umumnya tersedia di buffet adalah:
  • Choux paste: éclairs, swans, dan profiteroles
  • Pastry: mille fueille items, palmiers, dan cream horns
  • Entremets: crème caramel, Bavarois, mousses, dan strawberry baskets.

Dalam mengoperasikan restoran berkonsep buffet, Kamu harus mengatur alur bagi customer agar mereka teratur dan nyaman saat mengambil hidangan. Setiap hidangan harus siap santap dan perlengkapan makan harus mudah diambil. Bila perlu, beri papan petunjuk untuk mengarahkan antrean customer agar kondisinya teratur.

Baca juga: Tips Mengatur Layout Buffet

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News