5 Tahapan dalam Proses Check-Out Tamu di Hotel

5 Tahapan dalam Proses Check-Out Tamu di Hotel

Editor AJAR.id

5 Tahapan dalam Proses Check-Out Tamu di Hotel

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Sebagai tempat untuk memproses check-in dan check-out, front office memiliki tanggung jawab untuk memproses setiap pembayaran dari tamu hotel. Tidak hanya itu, tugas lain front office yang berkaitan dengan transaksi adalah mencatat setiap tagihan ke guest account, mengontrol uang masuk dan keluar, memproses receipt untuk pembayaran tunai dan non-tunai.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan membahas seputar tahapan dalam proses check-out tamu mulai dari pembayaran hingga melepas kepulangan tamu. Simak selengkapnya yuk!

  1. Menanyakan metode pembayaran yang diinginkan
    Metode yang umumnya tersedia di hotel adalah kartu kredit, direct billing, tunai, voucher dan traveller’s cheque. Sesuaikan dengan peraturan yang berlaku di hotelmu. Bila dalam proses pembayaran ternyata tamu tidak setuju dengan total tagihan, hubungi Supervisor atau Manajer untuk membantu penyelesaiannya.
  2. Menukar mata uang asing
    Ketika ada tamu yang ingin menukar mata uang asing ke mata uang lokal maupun sebaliknya, pertama-tama Kamu harus mengetahui mata uang apa saja yang disediakan, lalu tunjukkan nilai tukarnya serta jelaskan nilai tukar yang berlaku di hotel. Setelah tamu setuju, barulah lakukan transaksi sesuai nominal yang diinginkan.
  3. Menerbitkan receipt
    Setiap ada transaksi apapun yang berlangsung, Kamu wajib menerbitkan receipt sebagai bukti pembayaran. Umumnya, receipt dicetak dalam dua salinan, satu untuk tamu dan satu lagi untuk diarsipkan hotel.
  4. Menerima kunci kamar
    Selalu pastikan tamu telah menyerahkan kunci kamar sebelum mereka check-out dan meninggalkan hotel. Tamu yang menghilangkan kunci kamar akan diminta biaya penggantian, di mana biaya tersebut bervariasi pada tiap hotel. Selalu ucapkan terima kasih saat Kamu menerima kunci dari tamu. Ingatlah untuk menyimpan kembali kunci yang sudah dikembalikan pada tempatnya ya.
  5. Melepas kepulangan tamu
    Setelah menyelesaikan pembayaran dan menyerahkan kunci kamar, maka tamu bisa meninggalkan hotel. Bantulah membawakan koper mereka lalu antarkan ke kendaraannya. Sampaikan terima kasih yang tulus dan berikan senyuman terbaikmu.

Dalam melaksanakan tugas di atas, selalu panggil tamu dengan nama mereka ya Ajarian. Jangan pula memburu-buru tamu untuk menyelesaikan pembayaran atau saat mereka mengemasi barang untuk keluar dari hotel.

Baca juga: Kenapa Kita Harus Mengecek Departure List?

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News