5 Tips Anti Kudet dalam Melaksanakan Tanggung Jawab Kantor

5 Tips Anti Kudet dalam Melaksanakan Tanggung Jawab Kantor

AJAR Hospitality

5 Tips Anti Kudet dalam Melaksanakan Tanggung Jawab Kantor

AJAR.id – Halo Ajarian! Kemajuan teknologi semakin berkembang pesat tanpa henti. Masalahnya, apakah Kamu siap menyesuaikan diri dengan perkembangan itu? Apakah Kamu mampu mengoperasikan beragam aplikasi modern yang sedang marak di ruang publik?

Kali ini AJAR.id akan memberikan beberapa tips ampuh yang dapat menghindarkanmu dari gejala kudet (atau kurang update). Mengapa demikian? Tuntutan pekerjaan semakin bervariasi seiring dengan perkembangan teknologi yang terus melesat.

  1. Pelajari semua peralatan dan sistem yang digunakan di area kantor – ada baiknya bila Kamu menyesuaikan diri dengan perangkat-perangkat elektronik yang digunakan di area kerjamu.

Hal dimaksudkan supaya Kamu mau mampu beradaptasi dengan penggunaan alat-alat modern. Misalnya, industri perhotelan saat ini sudah banyak yang menggunakan sistem reservasi online melalui berbagai aplikasi yang tersemat di dalam ponsel.

Mempelajari sistem reservasi online (berikut pencatatan digitalnya) akan membantumu untuk dapat terus bertindak secara aktual dan tidak ketinggalan zaman.

  1. Mengikuti info perkembangan teknologi yang sedang marak di masyarakat – mengikuti info perkembangan bukan berarti bahwa Kamu harus menjadi sosok konsumtif yang selalu membeli perangkat terbaru.

Akan tetapi, Kamu lebih diharapkan untuk lebih mengenali perkembangan teknologi yang saat ini sedang marak digunakan. Sehingga nantinya, Kamu akan dengan mudah terbiasa ketika Kamu dihadapkan dengan hal tersebut.

Cara terbaik yang dapat Kamu lakukan adalah dengan membaca berbagai media seputar teknologi atau dengan penelusuran internet.

  1. Menjadikan internet sebagai media tempat belajar – semua data dapat tersedia di dalam internet, baik yang benar-benar berguna hingga yang sekadar berupa hiburan.

Banyak sekali tutorial dasar yang dapat membantumu menggunakan suatu aplikasi tertentu yang mungkin masih asing buatmu, dan semua hal tersebut sudah banyak tersedia di internet.

Cara sederhana untuk dapat melakukan ini adalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhanmu ke laman Google, lalu tugasmu hanyalah memilih beberapa (dari ribuan) konten yang paling berterima.

  1. Berbagi pengalaman dengan rekan kerja – bertanya merupakan cara tradisional yang masih mujarab hingga saat ini ketika Kamu sedang kebingungan atau dihadapkan oleh suatu permasalahan.

Dengan mengonsultasikan permasalahan yang sedang Kamu hadapi kepada orang lain, khususnya yang lebih ahli, tidak jarang Kamu akan mendapat pengarahan langsung terkait penggunaan atau cara-cara yang lebih efisien untuk diterapkan.

Jangan pernah lupakan peribahasa klasik ini: “Malu bertanya sesat dijalan!”

  1. Melakukan eksplorasi perangkat atau sistem secara mandiri – serajin apa pun Kamu membaca buku panduan penggunaan atau konten-konten terkait perkembangan teknologi, Kamu akan tetap berjalan di tempat tanpa adanya praktek mandiri.

Seorang desain grafis tidak akan dapat menghasilkan ilustrasi digital tanpa menguasai penggunaan aplikasi desain seperti CorelDraw atau Adobe Illustrator.

Penguasaan terhadap aplikasi tersebut dapat dicapai dengan melakukan eksplorasi langsung, atau dengan mencoba beberapa fitur yang terdapat di dalam aplikasi tersebut secara langsung.

Tentu saja metode ini harus juga selalu dibarengi dengan perpaduan keempat langkah di atas.

Baca juga: 2 Jenis Pemeliharaan Perangkat Komputer

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News