5 Tips Memantau Perkembangan Peserta Coaching

5 Tips Memantau Perkembangan Peserta Coaching

Editor AJAR.id

5 Tips Memantau Perkembangan Peserta Coaching

AJAR.id – Hello Ajarian! Tiap peserta coaching belajar dengan kecepatan berbeda dan biasanya coach harus menindaklanjuti coaching yang telah diberikan dengan memantau kemajuan mereka.

Bila hasil pemantauan menunjukkan peserta membutuhkan lebih banyak bantuan, coach bertanggung jawab untuk menyediakan atau mengaturnya agar peserta mendapat bantuan tersebut.

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk memantau perkembangan peserta coaching bisa berupa:

  1. Mengisi checklist yang berisi standar kompetensi atau tujuan penyelenggaraan coaching. Tujuannya yaitu untuk memastikan seluruh peserta telah diberi materi pembelajaran yang sama sesuai standar yang ditetapkan.
  2. Mengajukan pertanyaan kepada peserta untuk menguji ilmu dan keterampilan yang diperoleh dari sesi coaching. Dengan bertanya, Kamu juga bisa mengevaluasi sejauh mana pemahaman peserta atas materi yang diberikan.
  3. Melakukan pengamatan secara visual, misalnya dengan mengamati peserta yang sedang melakukan sebuah pekerjaan guna membuktikan kompetensi mereka.
  4. Mengecek aspek-aspek tertentu secara spesifik, misalnya mengecek peningkatan kecepatan pelayanan karyawan menggunakan indikator yang terukur. Melalui indikator tersebut, Kamu bisa menilai apakah sesi coaching ini memberikan dampak signifikan terhadap operasional kerja karyawan.
  5. Menggunakan perangkat penilaian yang bervariasi. Sebagai contoh, Kamu bisa menggunakan pertanyaan tertulis, soal studi kasus, role play, atau latihan praktik untuk menentukan apakah peserta telah memenuhi level kompetensi tertentu atau tidak.

Mengapa Kamu harus memantau perkembangan peserta coaching? Tujuan memantau peserta yaitu untuk mengidentifikasi:

  • Kemajuan kompetensi peserta coaching
  • Apakah perlu ada perubahan dalam materi yang diberikan 
  • Jika diperlukan perubahan dalam proses penyelenggaraan coaching.

Baca juga: Cara Menyampaikan Feedback untuk Memotivasi Karyawan

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News