5 Tips Menjelaskan Fasilitas yang Tersedia di Hotel

5 Tips Menjelaskan Fasilitas yang Tersedia di Hotel

Editor AJAR.id

5 Tips Menjelaskan Fasilitas yang Tersedia di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam memberikan pelayanan kepada tamu, Kamu harus mampu menjelaskan fasilitas apa saja yang tersedia di hotel.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar tamu yang datang adalah first-timer alias baru pertama kali menginjakkan kaki di hotelmu, banyak juga tamu yang merasa sungkan untuk bertanya.

Maka dari itu, Kamu harus berinisiatif untuk menjelaskan fasilitas apa saja yang tersedia di hotel. Simak yuk tips di bawah ini!

  1. Suggesting
    Kamu berikan saran pada tamu dengan memberikan informasi pilihan fasilitas yang tersedia di hotel, mulai dari hidangan spesial yang ada di restoran, fasilitas yang ada di kamar, hingga layanan-layanan lainnya.
  2. Describing
    Kamu harus membuat tamu tertarik dengan cara mendeskripsikan fasilitas hotel dengan kata-kata menarik dan penuh antusias. Mulailah dengan menjelaskan fasilitas yang paling umum dahulu, baru berlanjut ke fasilitas lainnya.

Dalam hal ini, dibutuhkan product knowledge yang luas, maka pastikan Kamu selalu up to date dengan informasi terbaru di hotel.

  1. Explaining
    Acap kali sebuah fasilitas hotel jarang digunakan tamu karena mereka tidak mengetahuinya. Tugasmu adalah menjabarkan dengan rinci agar tamu paham dan tertarik untuk mencobanya.

Sebagai contoh yaitu fasilitas safety box atau brankas yang ada di kamar. Kamu bisa menjelaskan bagaimana cara mengunci dan membuka safety box tersebut dan menyarankan agar tamu menyimpan benda berharga mereka di sana saat sedang tidak ada di kamar.

  1. Up-selling
    Kamu harus berusaha menerapkan teknik up-selling, yakni menawarkan lebih dari yang ditanyakan tamu seperti menyarankan untuk menginap di kamar suite untuk kedatangan mereka selanjutnya.
  2. Cross-selling
    Tidak hanya kamar, jika hotel memiliki akomodasi di tempat lain atau mempunyai perusahaan rental mobil sendiri, Kamu juga bisa menyarankan tamu untuk menggunakannya.

Tidak hanya fasilitas hotel, namun jelaskan juga local attractions yang ada di kota tersebut mulai dari destinasi wisata, restoran, atau kuliner yang wajib dinikmati, serta aktivitas lain yang patut dicoba oleh tamu.

Berikan brosur, pamflet, guide books, dan materi informasi lain yang bisa membantu tamu. Dengan menjelaskan fasilitas-fasilitas tersebut, tamu tentu akan merasa terbantu dan Kamu bisa meningkatkan pendapatan hotel dari teknik uap-selling yang Kamu lakukan.

Baca juga: Ternyata Diskon di Hotel Bermacam-Macam, Kamu Mau Pilih yang Mana?

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News