5 Tips sebelum Kamu Melamar Kerja di Hotel

5 Tips sebelum Kamu Melamar Kerja di Hotel

Editor AJAR.id

5 Tips sebelum Kamu Melamar Kerja di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Bagi Kamu yang mau melamar kerja, sebaiknya pelajari dulu 5 Tips sebelum kamu melamar kerja di bawah ini ya.

  1. Identifikasi sumber lowongan

Perhatikan dengan seksama sumber lowongan kerja. Lihat dengan teliti alamat email dan alamat perusahaan yang memasang iklan. pastikan domain alamat email yang diberikan beratribut nama perusahaan tersebut. Misalnya: mukidi@namahotel.com.

Hindari melamar dengan domain geratisan seperti gmail atau yahoo, kecuali untuk hotel-hotel pre-opening. Bila Kamu kurang yakin, hubungi hotel yang bersangkutan. Tujuannya adalah supaya datamu aman dan terhindar dari data fishing yang saat ini marak terjadi.

Kamu bisa mencari sumber lowongan langsung dari hotel yang bersangkutan. Biasanya hotel dengan nama besar memasang lowongannya di website atau di portal lowongan kerja yang berbayar untuk menjaga image perusahaannya.

  1. Pelajari Budaya Perusahaan

Pelajari budaya perusahaan yang akan Kamu lamar dan besaran cakupan operasional kerjanya.

Tanyakan kepada teman-temanmu mengenai suasana kerja, kesempatan berkarier, dan belajar serta teliti mengenai program-program yang menarik untuk karyawan-karyawannya. Kamu juga bisa menanyakan ini pada saat sesi wawancara dengan hotel.

  1. Buat CV/Resume Terbaru

Lengkapi profil terbarumu, seperti pengalaman kerja terakhir, nomor yang bisa dihubungi, alamat email dan pelatihan-pelatihan yang telah Kamu dapatkan. Untuk mempermudah HRD dalam menyaring lamaranmu, buat CV padat, ringkas, semenarik mungkin.

Bila Kamu menggunakan job portal atau melamar langsung via website hotel, buat resume digital supaya mudah ditemukan oleh HRD. Bila melamar via email, cantumkan posisi yang Kamu lamar pada judul email. Ingat, HRD tidak memiliki banyak waktu untuk menyortir semua lamaran yang masuk. 

  1. Persiapkan Dirimu untuk Wawancara

Pastikan HP-mu aktif dan buka email secara periodik agar komunikasi dengan perusahaan yang Kamu lamar dapat berjalan lancar.

Siapkan dirimu dan penampilanmu dan datang 15-30 menit sebelum jadwal wawancara dimulai. Sapa dan senyum kepada pewawancara, jawab pertanyaan-pertanyaan secara jujur, jelas, singkat, dan berbobot.

Pastikan jawabanmu sesuai dengan yang ditanyakan dan hindari menjawab dengan cara bertele-tele atau mengada-ada. Gunakan bahasa tubuh dan bahasa verbal yang meyakinkan.

  1. Tanya, Tanya, dan Bertanya

Jangan malu, tanyakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan Kamu lakukan. Tanyakan kesempatan untuk mengembangkan berkarier, pelatihan, dan acara-acara yang tersedia untuk karyawan. Tanyakan proses kelanjutan dari hasil wawancara. Hindari menanyakan gaji! Biarkan pewawancara yang memulai membicarakan mengenai hal ini.

Demikianlah 5 Tips untuk kamu yang mau melamar kerja. Semoga artikel ini bermanfaat dan Kamu dapat bekerja sesuai dengan keinginanmu.

Baca juga: Pentingnya Budaya Bertanya sebagai Pintu Pembuka Wawasan Kerja di Hotel

Salam Jempol!

Recommended Posts

AJAR in The News