6 Jenis Dark Oily Fish yang Hidup di Air Asin

6 Jenis Dark Oily Fish yang Hidup di Air Asin

AJAR Hospitality

6 Jenis Dark Oily Fish yang Hidup di Air Asin

AJAR.id – Hello Ajarian! Ikan adalah bahan makanan yang kerap dihidangkan di hotel atau restoran. Jenis ikan pun sangat beragam dan memiliki banyak spesies. Salah satu jenis ikan yang kerap dikonsumsi adalah dark oily fish yang hidup di air asin.

Lalu, ikan dark oily apa saja yang biasanya dihidangkan pada pelanggan?

  1. Tuna
    Ikan yang memiliki daging berwarna merah dengan kandungan lemak tinggi dan kaya rasa. Ikan ini paling enak jika dimasak hingga kondisi rare. Jenis tuna yang kerap dikonsumsi adalah Yellow Fin, Big Eye, Southern Blue Fin, Albacore, dan Bonito.
  2. Salmon
    Ikan yang memiliki daging dengan warna gelap serta rasa daging yang kuat. Ikan ini paling enak jika diolah dengan cara dipanggang, diasap atau dibuat menjadi fish cake. Namun, jenis Atlanta Salmon memiliki rasa yang kuat serta amis. Salmon ini biasanya disajikan secara medium.
  3. Makerel
    Layaknya tuna, ikan makerel juga memiliki daging dengan kandungan minyak. Jenis School Mackerel bahkan memiliki rasa yang kuat dengan kadungan minyak yang tinggi. Sementara Spanish Mackerel memiliki kandungan minyak yang lebih rendah dengan bobot yang lebih ringan dan variasi spesies yang beragam.
  4. Mullet
    Ikan dengan rasa amis yang kuat, namun tergantung pada jenis spesies yang digunakan. Kandungan minyaknya pun tinggi. Ikan mullet terkadang bisa dilihat sedang melompat di atas air.
  5. Pilchard atau Sarden
    Ikan pilchard yang masih kecil biasanya disebut sarden. Ikan ini bisa ditemui di seluruh penjuru dunia. Ukurannya yang kecil membuat ikan ini dikenal sebagai ikan terkecil yang dimakan oleh manusia. Kandungan minyak pada pilchard membuat darah dalam tubuhnya tidak lengket dan mengurangi resiko pembekuan darah.
  6. Atlantic Salmon
    Ikan dengan warna pink orange ini berukuran sedang dan mengandung minyak yang tinggi. Rasanya ringan. Atlantic salmon bisa dibeli dalam kondisi segar atau sudah diasap.

Ikan air asin adalah ikan yang berkembang biak di laut. Kini, banyak orang yang berternak ikan laut karena ikan yang hidup di laut sudah mulai menipis. Penangkapan ikan secara besar-besaran untuk kebutuhan komersil bisa membahayakan jumlah ikan yang hdup di laut. Kini sudah banyak negara yang sudah membatasi penangkapan ikan di laut secara besar-besaran untuk kebutuhan komersil.

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News