6 Karakter Tour Guide Profesional

6 Karakter Tour Guide Profesional

AJAR Hospitality

6 Karakter Tour Guide Profesional

AJAR.id – Hello Ajarian! Tour guide bukan hanya sekadar pemandu wisata, namun juga berperan untuk ‘mengenalkan’ sebuah destinasi wisata. Peranmu sebagai tour guide bisa menentukan kembali atau tidaknya wisatawan ke destinasi tersebut lho!

Menjadi tour guide profesional tentu memberikan kesan menyenangkan yang tak terlupakan bagi wisatawan. Simak serangkaian karakter tour guide profesional berikut ini yuk!

  1. Jujur
    Sebagai tour guide, kejujuranmu sangat diperlukan dalam menangani tamu. Kejujuran harus diterapkan di segala aspek pekerjaan, khususnya saat berkaitan dengan pengelolaan uang dan penjagaan barang milik tamu. Kamu harus mampu menjadi tour guide yang bisa dipercaya dan kuncinya adalah dengan selalu menjunjung tinggi kejujuran dimana pun Kamu berada.
  2. Cepat tanggap
    Cepat tanggap adalah karakter penting yang dibutuhkan khususnya dalam menyelesaikan masalah yang muncul dalam kegiatan tur. Tak hanya itu, dengan bersikap cepat tanggap, Kamu mampu mencegah hal-hal yang menjadi pemicu masalah.

Sebagai contoh, rombongan tur dijadwalkan berangkat menuju lokasi makan siang pada pukul 12.00 namun pukul 11. 50 masih ada peserta yang belum berkumpul. Dengan bersikap cepat tanggap, Kamu segera menghubungi peserta tersebut untuk segera berkumpul agar jadwal kegiatan bisa berjalan tepat waktu.

Cepat tanggap juga bisa diterapkan dalam memberi respons atas kebutuhan tamu.

  1. Ramah
    Bersikap ramah tentu menjadi hal wajib, apalagi pekerjaanmu berkaitan dengan pelayanan. Setiap interaksi yang Kamu lakukan harus menunjukkan keramahan diri kepada tamu meski dengan latar belakang usia dan negara yang berbeda.

Keramah-tamahan diperlukan khususnya dalam menghadapi tamu yang terlihat badmood, atau tampak sedih dan muram. Cobalah untuk menjadi ‘teman’ bagi para tamu, dengan tetap memerhatikan norma-norma yang berlaku.

  1. Bersedia untuk melayani
    Tugas utamamu sebagai tour guide adalah untuk memandu dan melayani peserta tur, maka tunjukkan kesediaanmu untuk melayani. Hal ini bisa dilakukan dengan menunjukkan bahwa Kamu tulus melayani mereka, bukan hanya sekadar formalitas pekerjaan saja. Tawarkan bantuanmu tanpa menunggu untuk diminta.

Tersenyumlah dengan hangat saat melayani tamu. Aktiflah bertanya untuk mendapatkan informasi seputar kebutuhan dan keinginan tamu agar Kamu bisa memberikan pelayanan terbaik kepada mereka.

  1. Berwawasan luas
    Bisa dikatakan, 90% dari aktivitas yang Kamu lakukan selama berjalannya tur adalah memberi penjelasan kepada peserta tur. Mulai dari penjelasan destinasi yang dituju, penjelasan umum seputar kota atau negara tersebut, sampai penjelasan mengenai fakta atau pun mitos menarik yang berkaitan.

Maka dari itu, wawasan yang luas sangat penting untuk Kamu miliki, khususnya wawasan budaya lokal. Wawasan tersebut harus up-to-date, sehingga Kamu harus selalu rajin mencari informasi terkini agar tidak keliru saat memberi informasi pada tamu.

Jangan mengarang sesuatu yang sebenarnya tidak Kamu ketahui lho. Cari tahu informasi sebanyak mungkin sebelum Kamu memandu tur.

  1. Memerhatikan penampilan diri
    Penampilan diri sangat merepresentasikan karakter dirimu. Seorang guide profesional akan memerhatikan penampilan diri mereka, seperti memastikan kebersihan dan kerapian pakaian serta sepatu.

Perhatikan juga higienitas dirimu, dengan cara selalu mandi sebelum berangkat kerja, memakai parfum, dan menyisir rambut dengan rapi.

Nah, itulah enam karakter yang harus dimiliki seorang tour guide profesional. Pastikan Kamu mempersiapkan diri dengan mengikutsertakan karakter-karakter tersebut sebelum berhadapan langsung dengan tamu. Tour guide juga perlu memiliki sejumlah keterampilan dan kemampuan tertentu agar bisa memimpin kegiatan tur dengan baik.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dicek Seorang Tour Guide Sebelum Bekerja

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News