6 Langkah Mencari Solusi Komplain dari Customer

6 Langkah Mencari Solusi Komplain dari Customer

AJAR Hospitality

6 Langkah Mencari Solusi Komplain dari Customer

AJAR.id – Hello Ajarian! Komplain bisa berdatangan dari berbagai macam situasi yang tidak bisa ditebak. Seperti apa pun situasi yang berlangsung, ada langkah-langkah dasar yang bisa digunakan untuk menyelesaikan komplain tersebut.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan 6 langkah yang direkomendasikan sebagai cara untuk mencari solusi atas komplain dari customer:

Langkah ke-1: Listen

Selalu pasang telinga Kamu untuk mendengarkan apa saja yang dikatakan oleh customer meskipun rasanya tentu tidak menyenangkan, hargai dan pahami perasaan dan keluhan tamu, tunjukkan empati dan rasa tulus untuk membantu mereka.

Langkah ke-2: Acknowledge

Kamu mulai menetapkan cakupan masalah dari komplain tersebut, termasuk dengan mengenali riwayat atau hal-hal lain yang berkaitan dengan tamu atau permasalahan yang ada. Lalu tarik kesimpulan dan pastikan customer atau pihak yang terlibat menyetujui kesimpulan yang Kamu buat.

Langkah ke-3: Respond

Kamu jelaskan pada customer tindakan apa saja yang akan Kamu lakukan. Tindakan ini bisa berupa inisiatif dari diri Kamu atau hasil negosiasi antara pihak yang terlibat. Lalu, pastikan tindakan yang akan dilakukan telah sesuai dengan aturan hotel dan disetujui pihak berwenang.

Kalau...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News