6 Langkah Proses Rekrutmen Karyawan di Hotel

6 Langkah Proses Rekrutmen Karyawan di Hotel

Editor AJAR.id

6 Langkah Proses Rekrutmen Karyawan di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Salah satu tugas pokok Human Resources adalah mengadakan rekrutmen atau pencarian kandidat calon karyawan. Tujuan dari kegiatan rekrutmen adalah memenuhi kebutuhan di setiap posisi kerja di suatu unit hotel, baik secara kualitas calon karyawan maupun imbalan.

Apa saja sih kegiatan rekrutmen di divisi HRD?

Di dalam proses rekrutmen, HRD dapat memulai kegiatan dengan langkah-langkah yang terencana sebagai berikut:

  1. Manpower Planning (Perencanaan Tenaga Kerja)
    Dalam menentukan kebutuhan tenaga kerja, para Manager antar divisi di unit hotel akan melakukan koordinasi dengan HRD. Adapun yang perlu ditentukan dalam perencanaan ini adalah jumlah tenaga kerja, kualifikasi tenaga kerja, kekuatan kualitas dan kuantitas dalam penyelesaian kerja, serta imbalan tenaga kerja yang harus disesuaikan dengan kebijakan pengupahan unit hotel atau dari perusahaan pemilik unit hotel tersebut.
  2. Membuat Lowongan Pekerjaan
    Setelah HRD mendapatkan hasil dari Manpower Planning, langkah selanjutnya adalah membuat lowongan pekerjaan. Di dalam membuat lowongan pekerjaan ini, HRD dapat memilih beberapa media yang tepat seperti media cetak seperti koran dan media internet yang akan digunakan sebagai media untuk mengiklankan lowongan tersebut.
  3. Menyeleksi Surat Lamaran yang Masuk
    Ketika sudah mendapatkan peminat lowongan kerja unit hotel, HRD dapat segera menyeleksi surat lamaran yang telah diterima dari pencari kerja. Melalui surat lamaran yang masuk, HRD dapat menilai para pencari kerja. Adapun penilaian ini meliputi kerapian surat lamaran, informasi lengkap tentang diri pencari kerja, dan bagaimana cara mereka menyampaikan ketertarikan diri serta kesungguhan dalam melamar pekerjaan.
  4. Membuat Jadwal untuk Melakukan Seleksi Lebih Lanjut
    Sebelum memanggil para calon karyawan, HRD dapat mengatur jadwal terlebih dahulu supaya waktu yang akan digunakan berjalan sesuai alokasi dan tidak memakan waktu untuk melakukan pekerjaan lainnya.
  5. Melakukan Psikotes dan Wawancara Kerja Calon Karyawan
    Psikotes adalah tes untuk mengukur dan mendeteksi kompetensi pada diri seseorang beserta aspek-aspek individu secara psikis. Ada bermacam-macam bentuk psikotes yang masing-masing memiliki kegunaan. Selain psikotes, proses rekrutmen yang sangat penting adalah wawancara kerja. Tujuan dari wawancara kerja adalah menggali data atau informasi yang penting dan untuk mengukur kemampuan individu secara verbal.
  6. Orientasi Karyawan Baru
    Setelah calon karyawan dinyatakan lolos seleksi, langkah HRD selanjutnya adalah melakukan orientasi bagi karyawan baru untuk menyambut karyawan baru ke dalam unit hotel. Orientasi karyawan baru ini berisi mengenai informasi seperti profil perusahaan, budaya kerja di hotel, struktur organisasi unit hotel, perkenalan dengan pimpinan unit hotel, keselamatan kerja, deskripsi pekerjaan, dan lain-lain. Selain itu, orientasi karyawan baru juga mencakup on the job training untuk mengetahui proses kerja dalam unit hotel.

Sahabat Ajarian, itulah langkah-langkah proses rekrutmen yang diampu oleh divisi HRD. Dengan adanya langkah-langkah di atas, kegiatan rekrutmen pun akan berjalan dengan terencana sehingga menciptakan hasil rekrutmen yang ideal baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Baca juga: Bagaimana Proses Terbentuknya Konflik Karyawan?

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Recommended Posts

AJAR in The News