6 Sumber Informasi untuk Meningkatkan Keahlian Tour Guide

6 Sumber Informasi untuk Meningkatkan Keahlian Tour Guide

Editor AJAR.id

6 Sumber Informasi untuk Meningkatkan Keahlian Tour Guide

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai seorang tour guide, Kamu wajib untuk terus mengembangkan keahlianmu. Ada berbagai cara yang bisa Kamu terapkan untuk mengembangkan keahlianmu, salah satunya dengan mencari informasi. Informasi mengenai tour guide bisa Kamu dapatkan dari mana saja. Berikut ini adalah beragam sumber informasi yang bisa Kamu jadikan acuan untuk mengembangkan keahlian sebagai tour guide.

1. Tour operator dan wholesaler
Keduanya bisa menjadi sumber informasi tentang pariwisata dan paket perjalanan. Informasi yang disediakan meliputi pilihan paket perjalanan yang sudah termasuk dengan jadwal, harga, syarat dan ketentuan serta prosedurnya. Kamu bisa mendapatkan wawasan tentang hal berikut ini dari tour operator:

  • Customer, pengunjung serta group tour
  • Kebutuhan dan keinginan para turis serta referensi lainnya
  • Pengalaman dengan para wisatawan

2. Operator lokasi wisata (venue operator)
Tak hanya dari penyedia perjalanan wisata saja, Kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkap dari lokasi wisatanya secara langsung. Biasanya informasi yang akan Kamu dapatkan dari lokasi wisata meliputi:

  • Brosur dan flyers promosi
  • Jam operasional lokasi wisata
  • Tarif masuk ke lokasi wisata
  • Atraksi, event serta hal lainnya yang menjadi daya tarik lokasi wisata
  • Fasilitas
  • Makanan atau minuman yang tersedia
  • Lokasi serta akses menuju lokasi wisata
  • Ketentuan booking dan ticketing

3. Internet
Sebagai alternatif lainnya Kamu bisa mendapatkan informasi dari internet. Namun ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan sebelum menjaring informasi dari internet:

  • Jangan gunakan informasi dari internet sebagai satu-satunya pedoman. Sebaiknya kontak langsung yang menyediakan informasi
  • Blog travel dan pariwisata bisa menjadi sumber untuk mencari tahu pendapat para klien mengenai industri pariwisata – biasanya hal-hal yang disoroti oleh para klien meliputi harga dan pelayanan, kredibilitas penyedia layanan, kepuasan para pelanggan, kelebihan lokasi wisata serta topik-topik lainnya
  • Buatlah folder Travel yang berisi Bookmark situs-situs yang sudah Kamu baca sehingga mudah jika Kamu ingin mengaksesnya kembali

Saat berselancar di internet dan menemukan informasi penting, Kamu bisa mencetak halaman tersebut atau mencatatnya. Jika diperlukan, Kamu bisa mendaftar di website-website gratis untuk mendapatkan ­e-magazine, report serta kontak langsung dengan organisasinya untuk membangun relasi yang luas.

4. Literatur
Sumber informasi lainnya bisa Kamu dapatkan dengan membaca literatur. Berikut ini adalah contoh literatur yang bisa Kamu baca:

  • Buku panduan – seperti Lonely Planet, Access, Fodor’s, National Geographic, Frommer’s
  • Artikel pada koran atau majalah
  • Buku telepon lokal
  • Buku sejarah
  • Report
  • Brosur pariwisata

5. Industri atau organisasi formal
Meliputi tour guide profesional dan asosiasi industri pariwisata. Selain itu bisa juga dari pemerintah serta agensi yang melakukan lisensi

6. Kontak personal
Sebagai seorang tour guide, Kamu harus membangun relasi yang baik dengan banyak pihak agar informasi yang Kamu dapatkan semakin relevan. Biasanya seorang tour guide akan membangun relasi dengan pihak-pihak berikut ini:

  • Kontak sesama tour guide – bangun relasi dengan orang lain yang juga berprofesi sebagai tour guide
  • Agen pariwisata dan local tour operator
  • Carrier
  • Operator lokasi wisata (venue operator)
  • Pejabat pemerintah
  • Kontak pihak pusat informasi untuk turis lokal

Ketika membangun relasi dengan orang lain pastikan komunikasi terjalin dua arah. Dengan komunikasi yang baik maka akan semakin baik pula relasi yang akan terjalin.

Baca juga: Cara Melakukan Pendekatan Interpretatif pada Wisatawan

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News