Cara Menentukan Rasio Jumlah Staf dan Tamu di Restoran, Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan?

Cara Menentukan Rasio Jumlah Staf dan Tamu di Restoran, Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan?

Editor AJAR.id

Cara Menentukan Rasio Jumlah Staf dan Tamu di Restoran, Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan?

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam sebuah restoran, umumnya Manajer akan membagi staf ke dalam beberapa area atau table yang harus dilayani. Staf tersebut bertanggung jawab atas customer yang bersantap di table mereka, mulai dari setting table, mencatat pesanan, menyajikan hidangan hingga clear up table.

Pembagian jumlah staf disesuaikan dengan rasio antara jumlah staf dengan jumlah customer. Sebagian besar restoran menetapkan rasio satu staf per 20 customer. Namun, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan rasio tersebut, yaitu:

  1. Jenis customer
    Ada jenis customer yang cenderung lebih sulit dilayani dibanding customer biasa, contohnya customer yang datang berkelompok, customer VIP atau customer yang memiliki banyak special request.
  2. Jumlah orang per table
    Tentunya, lebih mudah melayani dua meja berisi sepuluh orang daripada sepuluh meja yang masing-masing berisi dua orang. Oleh karena itu, umumnya staf ditugaskan untuk melayani maksimal 10 meja.
  3. Type of service
    Bila tipe penyajian restoran adalah buffet atau menu set, maka tugas waiter tidak terlalu banyak.
  4. Level of service
    Level pelayanan restoran juga menentukan rasio, misalnya pada restoran yang menyediakan gueridon serviceGueridon service merupakan pelayanan restoran di mana staf memasak atau mengolah hidangan langsung pada meja customer. Service seperti ini tentu mengharuskan staf berfokus pada satu table, sehingga pembagian staf harus disesuaikan.
  5. Experience of staff
    Staf baru akan lebih sulit melayani customer dalam jumlah banyak. Selain itu, bila staf experience sedang men-training staf baru maka produktivitas mereka pun berkurang.
  6. Location of tables
    Ketika lokasi meja cukup jauh dari kitchen, pertimbangkan waktu yang diperlukan untuk bolak-balik dari lokasi tersebut.

Itulah tips dalam membagi tugas staf untuk melayani customer di restoran. Pertimbangkan hal-hal di atas dalam membagi rasio antara jumlah staf dengan jumlah customer agar pelayanan restoran bisa berjalan lancar tanpa ada customer yang merasa ‘diabaikan’. Selain itu, Kamu juga harus mempertimbangkan bila ada customer yang meminta dilayani staf spesifik atau meminta table di posisi khusus.

Baca juga: Cara Membuat Customer Betah dengan Suasana Restoran

Salam jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News