6 Tips Mengembalikan Barang Tamu yang Tertinggal

6 Tips Mengembalikan Barang Tamu yang Tertinggal

Editor AJAR.id

6 Tips Mengembalikan Barang Tamu yang Tertinggal

AJAR.id – Hello Ajarian! Fungsi fasilitas lost and found di hotel adalah sebagai wadah untuk mengamankan barang yang tertinggal agar bisa ditelusuri siapa pemiliknya (baca juga: Langkah-langkah Mencari Pemilik Barang Tertinggal di Hotel). Setelah Kamu berhasil mengidentifikasi pemilik barang, langkah selanjutnya adalah pengembalian.

Siapa saja yang bisa terlibat dalam proses pengembalian barang tertinggal?

  • Housekeeping
  • Floor Supervisor
  • Concierge
  • Porter
  • Security
  • Sales
  • Receptionist/Front Office

Biasanya, staf yang menemukan juga bertugas mengembalikan barang. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab dan juga agar tidak semakin banyak yang terlibat dalam satu kasus. Penyampaian kronologi tentu lebih akurat bila disampaikan langsung oleh penemu barang daripada informasi diestafetkan antar staf. Namun, tugas mengembalikan barang juga bisa dilimpahkan pada staf lain tergantung kondisinya.

Berikut tips bagi Kamu saat ditugaskan untuk mengembalikan barang:

  1. Cepat tanggap
    Ketika tamu sudah diinformasikan bahwa barang sudah ditemukan, tentu mereka mengharapkan barang diantarkan secepatnya. Jangan ditunda-tunda ya!
  2. Double-check
    Periksa apakah Kamu sudah mengambil barang yang sesuai, baca label/tag yang disematkan pada barang tersebut dan cek juga data lost and found.
  3. Hati-hati
    Bawalah barang dengan hati-hati, terutama saat barang tersebut harus dikirimkan.
  4. Perbarui data lost and found
    Kamu harus melakukan update status apabila barang telah diserahkan ke pemiliknya, catat waktu pengembalian dan siapa yang mengembalikannya.
  5. Simpan receipt
    Apabila barang dipaketkan, simpanlah receipt sebagai bukti bahwa barang benar sudah dikirim.
  6. Jaga privasi tamu
    Berkenaan dengan informasi barang dan identitas tamu, seluruhnya tidak boleh sembarang dipublikasikan.

Jadi, koordinasi antar staf sangat penting dalam penanganan barang tertinggal di hotel. Jagalah barang dengan baik dan pastikan barang tetap dalam kondisi awal saat ditemukan ya Ajarian!

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News