7 Cara Memperoleh Feedback Customer

7 Cara Memperoleh Feedback Customer

Editor AJAR.id

7 Cara Memperoleh Feedback Customer

AJAR.id – Hello Ajarian! Menganalisa feedback dari customer merupakan salah satu kunci dalam mencapai kesuksesan sebuah bisnis. Oleh karena itu, Feedback Customer Merupakan Salah Satu Komponen yang Penting bagi Hotel.

Agar feedback bisa didapatkan dengan maksimal, pelaku bisnis harus berusaha untuk selalu mencari celah demi memperoleh feedback customer mengenai bisnis tersebut. Dalam artikel ini, AJAR.id akan membahas beberapa metode untuk memperoleh feedback dari customer.

Lalu bagaimana cara memperoleh feedback cutomer?

Berikut adalah cara-cara memperoleh feedback cutomer:

  1. Membagikan kuesioner
    Dalam hal ini, kuesioner yang dimaksud adalah berbentuk fisik alias dicetak pada kertas. Kuesioner akan berisi beberapa pertanyaan tentang topik tertentu, misal mengenai kepuasan atas product dan service yang telah didapatkan customers, kemudian Kamu bagikan kepada customer untuk mengisinya.
  2. Berbicara langsung dengan customer
    Bercakap-cakap dengan customer menjadi cara efektif untuk mendapatkan feedback yang dinginkan, karena akan mempererat hubungan baik serta menunjukkan bahwa Kamu peduli terhadap kepuasan mereka. Melalui cara ini pula Kamu bisa memperoleh informasi yang diharapkan, misal seputar preferensi customer, buying limitations, kesan, saran, dan harapan mereka.

Beberapa tips ketika berbicara dengan customer di antaranya:

  • Ajukan pertanyaan spesifik
  • Dengarkan dan hargai opini mereka
  • Bersikap sopan dan gunakan body language yang positif
  1. Mengecek buying pattern dan buying trends
    Jika mengacu pada data penjualan internal, ada banyak informasi yang bisa Kamu dapatkan di antaranya:
  • Produk dan servis apa yang paling banyak dipilih
  • Tren apa yang sedang berkembang di pasar
  • Produk dan servis yang paling sedikit terjual
  • Data pembelian customer mulai dari gender, waktu pembelian, metode pembayaran, dan kuantitas yang dibeli.

Melakukan review pada data-data di atas akan menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk menganalisa dan memutuskan strategi-strategi yang strategis untuk hotel dan sesuai dengan harapan customer.

  1. Menggunakan Customer Comment Card/Guest Comment Card
    Comment card biasanya diletakkan di kamar, di meja resepsionis, atau di meja restoran. Tujuan disediakannya comment card adalah agar customer bisa menuliskan feedback mereka terhadap hotel. Kamu juga bisa menawarkan customer untuk mengisi comment card, misalnya saat mereka sedang check out. Selalu pastikan comment card ini dikumpulkan dan dibaca ya!
  2. Menggunakan online feedback
    Online feedback adalah proses pengisian kuesioner atau gues comment yang dilakukan secara online. Hal ini biasanya terdapat pada website hotel. Selain itu, Kamu juga bisa dengan mengirimkan email kepada customer. Kamu harus mngeceknya secara berkala. Jangan mengabaikan online feedback lho! karena hal tersebut tidak sopan dan tidak menyelesaikan masalah meskipun sudah diaktifkan sistem automatic response/balasan otomatis sekalipun.
  3. Membentuk panelis feedback
    Hotel bisa membentuk sekelompok orang untuk memberikan feedback, dimana terdiri dari berbagai karakteristik demografi yang berbeda-beda. Kelompok ini nantinya akan diminta berkomentar tentang produk, service, dan aktivitas yang tersedia di hotel. Kelompok panelis ini bisa disebut sebagai ‘focus group’ karena mereka berfokus pada aspek hotel yang berbeda-beda pada setiap pertemuannya
  4. Melakukan uji rasa
    Uji rasa ini sangat efektif untuk mendapatkan feedback di produk & layanan yang akan ditawarkan. Customer diberikan sampel beberapa produk secara geratis, kemudian Kamu tanya pendapatnya tentang:
  • Bagaimana rasanya?
  • Bagaiaman aromanya?
  • Apakan ukurannya cukup?
  • Berapa yang harus dibayar untuk produk tersebut dan lain sebagainya tentang produk tersebut.

Tanggapan-tanggapan tersebut dapat menjelaskan espektasi tamu sebagai referansi untuk memperbaiki produk yang sekiranya belum sesuai harapan tamu.

Sahabat Ajarian, itulah 7 cara memperoleh feedback customer. Dengan memperoleh feedback, kami harap hotelmu dapat mengenalisa dengan baik untuk menentukan keputusan-keputusan strategis yang menguntungkan hotel dan sesuai dengan harapan tamu.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News