7 Jenis Perbedaan Budaya yang Perlu Kamu Ketahui

7 Jenis Perbedaan Budaya yang Perlu Kamu Ketahui

Editor AJAR.id

7 Jenis Perbedaan Budaya yang Perlu Kamu Ketahui

AJAR.id – Hello Ajarian! Bekerja di lingkungan multikultural mengharuskan Kamu untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari latar belakang budaya dan sosial yang berbeda. Setiap komunikasi dan interaksi harus dilakukan dengan penuh respect dan sensitivitas.

Aspek penting dalam interaksi ini adalah untuk memastikan bahwa dua komponen komunikasi: bahasa verbal dan bahasa tubuh, sesuai dengan orang yang dituju. Namun sebelum Kamu berkomunikasi, pahami dulu apa saja perbedaan budaya yang ada di masyarakat.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan 7 jenis perbedaan budaya yang perlu Kamu ketahui. Perbedaan budaya yang harus Kamu pastikan dan perhitungkan adalah sebagai berikut:

  1. Ras
    Dalam berkomunikasi dengan seseorang dari latar belakang budaya yang berbeda, Kamu perlu mengidentifikasi ras mereka dahulu. Mengetahui ras atau kewarganegaraan seseorang akan membantumu memahami apa yang dibutuhkan atau produk dan servis yang bisa ditawarkan. Kamu bisa bertanya dengan sederhana dan sopan mengenai ras atau negara asal. Ini menunjukkan bahwa Kamu bersedia mengakomodasi kebutuhan spesifik mereka.
  2. Bahasa
    Orang dari negara yang berbicara dalam bahasa yang berbeda dengan bahasamu bisa menjadi sebuah kendala saat berkomunikasi. Untuk mengatasinya, berikut hal-hal yang bisa Kamu lakukan:
  • Bicara lebih lambat dan jelas.
  • Hindari kata-kata jargon dan istilah lokal yang tidak familiar.
  • Pelajari kata-kata dasar/kalimat umum dalam bahasa lain, misalnya Bahasa Inggris atau Mandarin.
  • Sediakan informasi tertulis dalam beberapa bahasa, misalnya informasi daftar harga, peta, daftar menu, fasilitas hotel, dll.
  • Beberapa hotel mempekerjakan staf bilingual atau multilingual untuk melayani tamu mancanegara.
  1. Disabilitas
    Berinteraksi dengan orang disabilitas membutuhkan usaha lebih untuk bisa memahami mereka, apalagi bila orang tersebut berasal dari latar belakang budaya yang berbeda denganmu. Nah, kunci untuk berkomunikasi dengan orang disabilitas adalah:
  • Identifikasi jenis disabilitas yang dimiliki orang tersebut.
  • Tentukan apa yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Contohnya dengan mencari informasi atas kebutuhan, ekspektasi dan cara memperlakukan orang disabilitas dengan baik dan sopan.
  • Terapkan cara berkomunikasi yang sudah Kamu pelajari sebelumnya.
  1. Gender
    Kesetaraan gender antara satu negara dengan negara lain bisa berbeda. Ada negara yang memperlakukan pria dan wanita secara setara, ada juga yang tidak. Kamu harus memahami perbedaan ini, termasuk norma-norma yang mungkin berlaku. Sebagai contoh, tidak melakukan kontak mata langsung dengan tamu wanita atau tersenyum kepada mereka karena hal ini dianggap tidak sopan dan offensive.
  2. Usia
    Ada negara yang menganggap orang berusia lebih tua harus diperlakukan dengan hormat, ada pula yang tidak memandang usia dalam memperlakukan seseorang. Ketahui cara berkomunikasi yang benar sesuai usia tamu atau rekan kerjamu. Hal lain yang berkaitan dengan usia adalah saat pelayanan minuman beralkohol, karena tiap negara bisa memiliki aturan minimal usia tersendiri.
  3. Preferensi seksual
    Perbedaan jenis preferensi seksual bisa dianggap tabu di beberapa negara, namun ada pula yang menganggap hal tersebut adalah sesuatu yang wajar. Kamu haru memahami kondisi mereka dan tidak bersikap ofensif hanya karena prinsipmu berbeda dengan orang-orang tersebut.
  4. Perbedaan budaya lainnya
    Perbedaan budaya lainnya yang mungkin Kamu temui bisa berkaitan dengan selera makanan, privasi, keyakinan beragama, dll. Sebuah hotel yang kerap menerima tamu mancanegara biasanya akan menyelenggarakan training internal untuk mengajarkan kepada para staf bagaimana cara melayani perbedaan budaya tersebut. Bila tidak ada training yang diberikan, Kamu bisa menanyakan langsung kepada tamu/rekan kerja mengenai bagaimana mereka ingin diperlakukan.

Menghadapi perbedaan budaya adalah sebuah tantangan sendiri dalam bekerja di dunia perhotelan. Namun, ‘tantangan’ ini akan membuka wawasanmu terhadap keragaman individu yang ada di dunia ini. Ketika Kamu bisa memahami orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda denganmu, tentu mereka akan semakin menghargaimu.

Baca juga: 4 Cara Mempelajari Keragaman Budaya

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News