7 Tempat Berkarier Lulusan Studi Pariwisata dan Perhotelan

7 Tempat Berkarier Lulusan Studi Pariwisata dan Perhotelan

Editor AJAR.id

7 Tempat Berkarier Lulusan Studi Pariwisata dan Perhotelan

AJAR.id – Hello Ajarian! Pada artikel prospek kuliah perhotelan sudah kita bahas berbagai macam program Studi Pariwisata dan Perhotelan yang bisa dipilih oleh teman-teman yang berminat untuk mengambil kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata dan Perhotelan.

Dalam artikel ini, penulis akan memberikan sedikit gambaran tempat kerja yang membutuhkan lulusan dari sekolah bidang pariwisata dan perhotelan.

Di mana sajakah karier lulusan studi pariwisata dan perhotelan?

Berikut ini 7 pilihan tempat karier lulusan studi pariwisata dan perhotelan:

1. Hotel
Hotel adalah salah satu tempat kerja yang sangat membutuhkan lulusan program studi pariwisata dan perhotelan. Buat Kamu yang baru saja lulus dari program belajar tersebut, jangan khawatir kehabisan tempat apabila mau berkarier di hotel.

Pertumbuhan pembangunan hotel di Indonesia ini sangat pesat. Jadi akan selalu ada hotel-hotel yang baru akan launching dan opening yang siap menerimamu dan memberikan kesempatan untuk berkarier di sana.

2. Kapal pesiar
Tempat kerja favorit selanjutnya adalah kapal pesiar. Yap, buat Kamu yang lulus dari sekolah pariwisata dan perhotelan, bisa banget untuk bekerja di kapal pesiar. Syaratnya Kamu harus menguasai bahasa Inggris secara fasih baik lisan maupun tulisan.

Apabila berminat untuk mencoba dan mencicipi bagaimana rasanya bekerja di kapal pesiar, Kamu bisa mendaftarkan diri di agen-agen kapal pesiar yang sudah berizin dan terpercaya.

3. Restaurant dan cafe
Indonesia merupakan negara dengan julukan surga kuliner, di mana di setiap daerah pasti terdapat restaurant dan cafe-cafe sebagai pendongkrak ekonomi pariwisata. Kamu bisa tuh berkarier di restaurant atau cafe-cafe baik brand lokal maupun brand internasional.

4. Rumah Sakit
Rumah sakit bisa juga menjadi alternatif lain tempat kerja untuk lulusan pariwisata dan perhotelan. Tentunya posisi kerja yang bisa dilamar oleh lulusan pariwisata dan perhotelan adalah bagian kitchen atau bisa juga sebagai front office.

Sudah banyak rumah sakit yang memberikan kesempatan kerja untuk lulusan pariwisata dan perhotelan, karena perubahan budaya kerja yang semakin mirip dengan budaya kerja di hotel.

5. Tour Agent
Posisi kerja yang ditawarkan bagi lulusan pariwisata dan perhotelan oleh perusahaan tour agent adalah sebagai tour leader dan bagian reservasi dan ticketing.

6. Pemandu wisata (Tour Guide)
Kamu bisa juga mendaftarkan diri menjadi pemandu wisata di sebuah objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar negara. Tentu saja keterampilan bahasa asing dan pengetahuan tentang seluk beluk sebuah objek wisata menjadi syarat utama buat pelamar kerja.

Bahasa asing yang pertama harus dikuasai adalah bahasa Inggris, akan tetapi Kamu bisa mendapatkan peluang yang lebih apabila Kamu menguasai bahasa asing lainnya seperti Mandarin, Jerman, Jepang, Prancis, dan bahasa negara di dunia lainnya.

7. Usaha dan Bisnis Pribadi
Nah yang nomor tujuh ini banyak faktor yang harus Kamu perhatikan apabila Kamu ingin menjadi pengusaha. Salah satu faktor yang utama adalah modal dan ketekunan. Di dalam merintis usaha Kamu harus tekun dan sabar, karena setiap usaha tidak serta-merta langsung berkembang pesat.

Kamu bisa mulai dari buka usaha kecil-kecilan seperti kedai kopi, kedai makan, catering home industry untuk memulai usahamu jika Kamu ingin menyalurkan ilmu yang Kamu dapat di sekolah pariwisata dan perhotelan ke bisnis pribadi.

Sahabat Ajarian, ketujuh tempat kerja tadi hanya sebatas gambaran semata, masih banyak kesempatan berkarier di luar tempat yang sudah disebutkan di atas. Intinya adalah jangan minder, dan harus percaya bahwa Kamu bisa. Kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

Semoga sukses merintis karier di bidang pariwisata dan perhotelan...

Baca juga: Pilih Gaji atau Karier? Ini Nih yang Menguntungkan

Salam jempol!

By Galih Satria Hutama

Recommended Posts

AJAR in The News