7 Tips dalam Membuat Dokumentasi

7 Tips dalam Membuat Dokumentasi

AJAR Hospitality

7 Tips dalam Membuat Dokumentasi

AJAR.id – Halo Ajarian! Karena pengadaan dokumentasi merupakan salah satu bentuk dari laporan pertanggungjawaban atas segala kegiatan yang dilakukan, pembuatannya pun tidak boleh disepelekan begitu saja. Jadi, bagaimana caramu dalam membuat dokumentasi?

Ketika Kamu akan melakukan atau membuat dokumentasi mengenai suatu kegiatan, Kamu sebaiknya:

  1. Menyelesaikan segala persiapan data dan pengisian informasi pada waktunya. Hal ini berarti bahwa Kamu harus menyelesaikan seluruh dokumentasi tersebut pada saat tamu masih berada di area hotel, bukan setelah mereka meninggalkan area hotel.
  2. Melengkapi semua bagian-bagian (kolom) informasi yang penting tanpa ada satu pun bagan yang terlewatkan, atau malah salah informasi.
  3. Mengadopsi ketiga unsur karakter utama, yakni kejujuran, akurasi, dan kelayakan. Bahwa semua informasi yang disampaikan bersifat nyata, tepat, terbuka, dan relevan sehingga dapat dipahami oleh siapa pun.
  4. Penyerahan dokumentasi kepada pihak yang berwenang, atau departemen terkait.
  5. Mematuhi semua aturan dan arahan dalam pembuatan dokumentasi seperti yang telah disampaikan dalam pelatihan, prosedur pembuatan laporan, maupun standar operasional (SOP) yang ditetapkan oleh pihak industri.
  6. Membuat salinan dokumentasi sebagai media catatan atau pendataan pribadi yang dapat digunakan di kemudian hari.
  7. Meminta bantuan ketika menghadapi permasalahan...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News