Ini Nih yang Kamu Dapatkan Jika Bekerja di Bidang Hospitality

Ini Nih yang Kamu Dapatkan Jika Bekerja di Bidang Hospitality

Editor AJAR.id

Ini Nih yang Kamu Dapatkan Jika Bekerja di Bidang Hospitality

AJAR.id – Hello Ajarian! Hospitality adalah sebuah konsep bisnis yang mengedepankan keramah-tamahan dan kenyaman bagi penggunanya. Perhotelan adalah salah satu bentuk unit bisnis yang menganut sistem hospitality. Ini yang akan Kamu dapatkan apabila Kamu bekerja di dunia hospitality seperti hotel.

  1. Kamu Akan Mendapatkan Uang Tambahan Berupa Service Charge

Service charge adalah sebuah kompensasi atas segala pelayanan yang diterima oleh tamu. Uang servis ini biasanya melekat dalam bill/nota penjualan yang harus tamu/pelanggan bayar. Pasti Kamu pernah melihat sebuah run text hotel yang memuat harga kamar Rp...++.

Yap ++ yang dimaksud di sini adalah + tax (pajak) dan + service charge. Maka jangan heran kalau penghasilan karyawan HORECA (Hotel, Restaurant, Cafe) dan public sevice (seperti rumah sakit, rumah karaoke, pubb, diskotik) lebih besar ketimbang perusahaan yang bergerak di bidang lain karena uang service ini adalah hak bagi karyawan.

  1. Kamu Akan Selalu Bersikap Profesional dan Good Looking

Di dalam industri hospitality, Kamu dituntut harus bersikap profesional dan harus selalu enak dipandang karena tujuan pada industri ini adalah kenyamanan tamunya. Di mulai dari grooming (kebersihan diri dan kebersihan uniform/seragam) hingga keramah-tamahanmu menjadi dasar penilaian tamu untuk industri hospitality ini.

Lama-kelamaan kebiasaan ini akan melekat pada jiwamu sehingga secara otomatis Kamu akan selalu menerapkan grooming walaupun Kamu tidak sedang bekerja. Untuk karyawati yang kesehariannya tidak suka berdandan, maka mau tidak mau dia dituntut untuk mempercantik diri.

  1. Kamu Akan Bisa Berbahasa Asing Secara Otodidak

Untuk Kamu yang tidak bisa berbicara bahasa asing, jangan khawatir dan jangan risau lama kelamaan Kamu dapat melatih diri berbicara dengan menggunakan bahasa asing dengan tamu mancanegara yang sedang kamu layani.

Karena kebanyakan hotel dan restoran menetapkan karyawannya wajib menguasai bahasa asing, minimal bahasa Inggris. Tentu saja, perusahaan akan senang hati memberikanmu pelatihan penguasaan bahasa asing. Salah satunya adalah dengan mengikutkanmu dalam kursus bahasa Inggris.

  1. Mental Kerjamu Ditempa

Industri hospitality memiliki beban kerja yang sangat berat karena operasionalnya lebih dari 8 jam sehari (kecuali hotel yang 24 jam non stop) dan tekanan kerja yang tinggi. Kenapa tekanan kerja di industri hospitality bisa lebih tinggi? Karena pada industri ini sangat mementingkan kesempurnaan demi kenyamanan tamunya. Jadi, Kamu yang ingin menempa mental kerja maka bekerja di Industri ini.

  1. Kamu Akan Terbiasa dengan Deadline dan Multitask Skill

Beban kerja yang berat dan deadline yang singkat membuatmu harus bisa melakukan dua pekerjaan dalam sekali waktu. Belum selesai kerjaan A dan kerjaan B, Kamu sudah diburu-buru deadline lainnya.

Kasus seperti ini adalah hal biasa yang dialami karyawan pada industri ini. Mungkin ini sangat berat untuk Kamu yang akan memulai kerja di bidang ini, tetapi lama-kelamaan Kamu akan terbiasa melakukan dua pekerjaan sekaligus tanpa harus mengeluh.

  1. Kamu Akan Paham Berbagai Macam Karakter Orang

Tamu/pengunjung sangatlah berbeda-beda karakternya, ada yang sukanya harus sempurna (prefectionis) ada pula yang cuek dengan pelayananmu. Nah, Kamu akan menghadapi berbagai macam karakter tamu sehingga Kamu akan paham berbagai macam karakter seseorang lewat pelayanan yang kamu lakukan. Tidak hanya karakter pengunjung saja yang bisa kamu pahami tetapi juga karakter atasan dan rekan kerjamu pun dapat kamu pahami.

  1. Kamu Bisa Belajar Banyak Hal

Kamu dapat belajar hal-hal yang baru. Contohnya bagaimana cara make up kamar dengan cepat (untuk hotel), bagaimana cara brewing kopi secara benar sehingga menghasilkan aroma yang sedap (untuk kafe) dan berbagai macam hal lainnya sehingga pengetahuanmu bisa berkembang dan bertambah karena industri hospitality itu sangat dinamis dan inovasinya sangat banyak dan cepat.

  1. Kesempatanmu ke Luar Negeri Terbuka Lebar

Karier di industri hospitality ini sangat dicari bagi mereka yang ingin bekerja di luar negeri. Biasanya, mereka bekerja selama 1-2 tahun di kafe, hotel, maupun restoran lokal, kemudian pada tahun ke-3 mereka banyak yang mendaftarkan diri ke agen kapal pesiar maupun manajemen hotel yang bertaraf internasional.

Kalau Kamu berprestasi, Kamu akan mendapatkan rekomendasi dari hotel tempatmu bekerja agar bisa bekerja di unit hotel yang lainnya di luar negeri yang masih satu manajemen. Bahkan Kamu bisa mendapatkan beasiswa sekolah profesional di luar negeri lhoo...

Contohnya sekolah profesi kuliner di Australia, ketika Kamu kembali ke Indonesia, Kamu bisa menjadi tenaga profesional di bidang perhotelan.

Sahabat Ajarian, setelah membaca artikel ini, apa Kamu tertarik untuk bergabung di dunia hospitality ini? Banyak hotel, restoran, dan kafe yang membuka lowongan kerja untukmu. Dunia hospitality ini asyik dan sangat menyenangkan lhooo.... Jadi, buruan belajar tentang hospitality dan pekerjaan di bidang ini.

Baca juga: Pentingnya Personal Branding bagi Hotelier

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Recommended Posts

AJAR in The News