8 Karakteristik Seorang Problem Solver, Apakah Kamu Salah Satunya?

8 Karakteristik Seorang Problem Solver, Apakah Kamu Salah Satunya?

AJAR Hospitality

8 Karakteristik Seorang Problem Solver, Apakah Kamu Salah Satunya?

AJAR.id – Hello Ajarian! Masalah sangat umum terjadi di lingkungan kerja, terutama di industri bidang jasa seperti perhotelan yang berorientasi pada kepuasan tamu. Keinginan dan kebutuhan tamu sangat beragam, ada kalanya hotel tidak bisa memenuhi semuanya, sehingga timbul masalah atau komplain.

Komplain dari tamu tentu harus ditangani dan dicari solusi terbaiknya, agar tamu tetap merasa puas saat meninggalkan hotel. Dalam upaya memecahkan masalah tersebut, ada sejumlah karakter diri yang patut Kamu pelajari. Karakter-karakter inilah yang bermanfaat dalam menangani masalah atau komplain.

Nah, apa saja sih karakteristik seorang ‘Problem Solver’?

  1. Tegas – bersikaplah tegas namun tidak perlu agresif. Ketegasan itu penting saat Kamu harus memimpin diskusi dan menentukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah.
  2. Bersikap dan berpikir positif – jangan terus berfokus pada penyebab masalah, namun fokuskan pada solusinya! Kamu harus mampu berpikir positif agar menciptakan mindset positif pada orang di sekitarmu. Yakinkan dirimu dan orang lain bahwa solusi terbaik bisa ditemukan.
  3. Berwawasan luas – Kamu patut memahami informasi seputar peraturan yang berlaku di area kerjamu, siapa saja yang memiliki wewenang untuk mengambil keputusan, dan...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News