8 Tips Mempersiapkan Cleaning Equipment dan Area Kerja

8 Tips Mempersiapkan Cleaning Equipment dan Area Kerja

AJAR Hospitality

8 Tips Mempersiapkan Cleaning Equipment dan Area Kerja

AJAR.id – Hello Ajarian! Ada beberapa cleaning equipment yang bisa Kamu gunakan untuk membersihkan area di hotel. Kamu harus memilih equipment tersebut yang sesuai dengan objek atau area yang hendak dibersihkan. Selanjutnya, siapkan cleaning equipment sebelum melakukan tugas Kamu.

Simak tips berikut untuk mempersiapkan cleaning equipment yuk!

  1. Pertama-tama, identifikasi dulu apa saja equipment yang Kamu butuhkan.
    (Baca juga artikel: 9 Cleaning Equipment untuk Pembersihan secara Umum & Beragam Jenis Pakaian Pelindung Keselamatan Kerja)
  2. Perhatikan bila ada potensi bahaya di area yang hendak dibersihkan. Matikan listrik atau cabut kabel-kabel bila perlu. Selalu utamakan keselamatan diri dan orang lain ya!
  3. Matikan gas dan suplai air di area yang hendak dibersihkan (jika perlu)
  4. Beberapa cleaning equipment tidak bisa beroperasi dengan baik jika kondisinya overheat, maka lebih baik diamkan dulu agar suhu mendingin sebelum Kamu gunakan.
  5. Pindahkan benda-benda (misalnya furnitur) dari area tersebut bila perlu. Tujuannya untuk memudahkan proses pembersihan.
  6. Beri penutup pada benda-benda, bisa menggunakan dust sheet. Hal ini berfungsi agar debu dan kotoran dari proses pembersihan tidak mengotori benda-benda tersebut, dan menambah pekerjaanmu!
  7. Taruh yellow sign atau pembatas lain di sekitar area yang akan dibersihkan, sehingga tidak ada orang yang berlalu-lalang di area tersebut
  8. Pelajari pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan dan ketahui apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh.

Nah, setelah cleaning equipment sudah siap dan area kerja telah dikondisikan, Kamu bisa memulai pekerjaanmu dengan efektif. Pelajari juga artikel lainnya: Cara Mengepel Permukaan Lantai di Area Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News